Kenali 5 Jenis Promosi untuk Menarik Minat Konsumen – Saat Anda menjual suatu produk, kadang tidak bisa langsung laku di pasaran. Penjual perlu menyiasatinya dengan menggunakan cara promosi tepat sasaran. Agar mampu menarik perhatian konsumen. Dalam berjualan online atau offline, berpromosi adalah hal yang penting. Maka kenali lebih dulu jenis promosi yang tepat agar menarik minat konsumen.

Kenali 5 Jenis Promosi untuk Menarik Minat Konsumen

Yuk, kenali berbagai jenis promosi yang bisa dilakukan untuk membuat konsumen tertarik dengan produk yang Anda jual. Dan 5 di antaranya yaitu:

  1. Sampel Gratis
    Promosi dengan memberikan sampel gratis banyak dilakukan oleh penjual. Brand yang menggunakan jenis promosi ini biasanya merek makanan atau kuliner. Bila Anda berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, seringkali pernah ditawarkan mencicipi makanan berupa tester yang dikemas dengan ukuran kecil.

    Selain makanan, produk seperti parfum, makeup dan sebagainya juga kerap ditawarkan tester-nya.

    Ketika menerima sampel gratis ini, konsumen bisa mencoba atau merasakan langsung produk tersebut. Sehingga dengan cara ini konsumen semakin yakin dan percaya untuk membeli serta menggunakan produk Anda.
  2. Diskon
    Siapa yang tidak senang dengan jenis promosi ini? Hampir semua konsumen menyukai produk diskon. Tak heran bila konsumen menantikan adanya diskon untuk membeli produk tertentu. Diskon sendiri merupakan jenis promosi yang sangat digemari dan terbukti dapat menarik banyak konsumen.
  3. Giveaway
    Jenis promosi yang satu ini semakin sering digunakan penjual melalui media sosial seperti Instagram. Selain untuk menarik minat konsumen, giveaway pun termasuk bentuk branding yang digemari penjual. Karena cukup mudah untuk dilakukan, contohnya dengan mengadakan kuis berhadiah berupa produk yang dijual.
  4. Buy One Get One
    Bila memiliki banyak stok produk, cobalah membuat promosi buy one get one. Namun, Anda harus memperhatikan strategi penjualan yang dibuat, agar keuntungan tetap ada. Walaupun Anda harus mengeluarkan modal lebih banyak dengan promosi beli satu dapat satu ini.
  5. Program Loyalitas Konsumen
    Program ini bertujuan untuk memuaskan pelanggan agar loyal membeli produk atau jasa. Pastikan bahwa program tersebut mampu membuat konsumen puas dan selalu setia mempergunakan produk Anda. Misalnya dengan cara membuat diskon khusus pelanggan, keuntungan tertentu jika bergabung sebagai member dan lain sebagainya.

Itulah artikel Kenali 5 Jenis Promosi untuk Menarik Minat Konsumen. Semoga bermanfaat, ya.

Baca juga : 2 Cara Sadari Manfaat Mengonsumsi Air Putih

Pin It on Pinterest

Share This