Cara Sadari Manfaat Mengonsumsi Air Putih – Banyak masyarakat Indonesia yang mengaku belum mengenali manfaat mengonsumsi air putih. Padahal air putih atau air mineral termasuk komponen penting agar hidup menjadi lebih sehat. Terutama dengan adanya anjuran agar mengonsumsi banyak air putih. Dibandingkan dengan air lainnya seperti kopi, teh, serta minuman bersoda.

Terkadang meminum air putih dianggap hal yang sepele saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini menyebabkan mereka yang kurang mengonsumsi air putih mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran kemih dan dehidrasi.

Air putih adalah jenis minuman yang sangat dianjurkan untuk diminum guna menghilangkan dahaga. Namun, masyarakat Indonesia seringkali memilih jenis minuman lain. Minuman dengan kandungan gula dan memiliki rasa manis atau mengandung kafein untuk menghilangkan haus.

Padahal air putih tidak kalah bermanfaat untuk tubuh kita. Karena air putih lebih cepat menghilangkan rasa haus dan mengandung zat yang dibutuhkan tubuh.

Cara Sadari Manfaat Mengonsumsi Air Putih

Sebenarnya, berapa banyak sih jumlah air putih yang dibutuhkan dalam tubuh setiap harinya?

Secara umum, anak-anak dengan berat badan 10 kilogram membutuhkan sekitar 1000 cc cairan per harinya. Anak dengan berat badan 20 kilogram membutuhkan 1500 cc cairan, dan berat badan 30 kilogram membutuhkan 1800 cc cairan per harinya.

Orang dewasa membutuhkan 2000 cc cairan, atau 8-10 gelas air putih per harinya. Jumlah cairan ini bisa dikombinasikan dengan makanan berkuah, susu, dan cairan lainnya. Namun yang lebih disarankan adalah mengonsumsi air putih juga buah-buahan yang mengandung air. Karena bisa menjadi sumber asupan air yang baik bagi tubuh.

Baca juga : Jasa Pengelolaan Admin Sosial Media Tepercaya di Bandung

Lalu, bagaimana caranya mendorong diri sendiri untuk lebih rajin mengonsumsi air putih?

 Ketahui Fungsinya

Cari tahu manfaat atau fungsi air untuk tubuh kita. Nah setelah mengetahui fungsinya, biasanya kesadaran kita meningkat untuk lebih banyak meminum air putih. Meminum air putih yang banyak bisa membantu menurunkan demam, melancarkan buang air kecil sehingga mencegah pertumbuhan bakteri. Bahkan pada beberapa orang bisa mencegah makan terlalu banyak dengan konsumsi satu gelas air putih sebelum makan.

 Gunakan Botol Sendiri

Gunakan botol minum yang menarik, dan pastikan Anda tahu jumlah takaran cc untuk botol minum yang dibawa. Agar bisa mengetahui berapa banyak cairan yang sudah diminum.

Itulah 2 cara sadari manfaat mengonsumsi air putih bagi kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. 

Pin It on Pinterest

Share This