Buah dan sayur adalah jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah buah kiwi. Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil sangat banyak, sehingga buah ini patut menjadi makanan wajib selama masa kehamilan. Ingin tahu 3 manfaat utama buah kiwi bagi ibu hamil? Simak di sini, yuk.

Buah kiwi relatif mudah didapatkan, karena dapat tumbuh di berbagai area di banyak negara, tanpa musim tertentu. Maka, buah ini dapat menjadi pilihan camilan sehat, terutama untuk ibu hamil. Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil terletak pada kandungan nutrisi dalam daging buahnya.

Ini dia  3 manfaat buah kiwi bagi ibu hamil, antara lain:

  • Mencegah Risiko Cacat pada Janin

Manfaat kiwi bagi ibu hamil salah satunya adalah dapat mencegah risiko cacat pada janin. Buah kiwi mengandung cukup banyak Folat, salah satu nutrisi penting pada masa kehamilan. Folat dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf atau Spina Bifida pada janin.

Selain itu, Folat juga bermanfaat untuk menambah sel darah merah dan bisa mencegah gejala anemia pada sang ibu. Dalam buah kiwi, rata-rata mengandung 25 mikrogram Folat per 100 gram buah kiwi.

Ibu hamil memerlukan 0.6 miligram Folat per harinya. Dengan mengonsumsi 100 gram buah kiwi bisa menyumbangkan kebutuhan Folat bagi janin.

  • Membantu Pembentukan Janin

Manfaat kiwi bagi ibu hamil lainnya adalah dapat membantu pembentukan dan perkembangan janin. Pada trisemester pertama, janin mengalami pembentukan rangka tubuh dan organ-organ tubuh. Dalam tahap ini, janin memerlukan Asam Amino yang bermanfaat untuk membantu pembentukan otak.

  • Membantu Mengurangi Hipertensi

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, tentu akan membahayakan saat melahirkan. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. Mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi bisa menjadi solusi.

Buah kiwi menjadi salah satu pilihan buah yang dikonsumsi saat hamil. Selain Folat, Asam Amino, dan Kalsium, kandungan vitamin yang ada dalam buah kiwi juga baik untuk ibu hamil sebagai penambah nutrisi, dan dapat mengurangi rasa mual.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah kiwi secara rutin, dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dan dirinya sendiri.

Mengonsumsi buah kiwi bisa menjadi pilihan terbaik bagi ibu hamil. Terlebih buah kiwi dapat diolah dan dicampur dengan makanan lain, seperti jus kiwi, salad buah atau salad sayur.

Nah, sudah tahu kan manfaat kiwi bagi ibu hamil? Bahkan buah kiwi ini baik untuk dikonsumsi setiap hari, lo. Selamat mencoba!  

Baca juga : https://sygmainnovation.com/line-hadirkan-fitur-line-story/

Pin It on Pinterest

Share This