Manfaat media sosial di dunia bisnis sudah dirasakan banyak orang. Sebagai pebisnis barangkali Anda sudah merasakan manfaatnya. Ada banyak keuntungan yang didapatkan, jika berjualan online dengan media sosial.

Namun, apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan kehadiran media sosial (medsos) saat ini? Cari tahu 4 manfaat yang bisa diperoleh ketika berjualan dengan media sosial, antara lain:

 Media Komunikasi dengan Konsumen

Berjualan di dunia online tidak bisa sembarangan, Penjual perlu membangun komunikasi intens dengan konsumen atau prospek. Banyak yang gagal menggunakan media sosial, karena tidak membangun komunikasi lebih dulu dengan followers atau teman di akun medsos yang dimilikinya.

Media sosial berfungsi sebagai sarana komunikasi. Yaitu mendekatkan yang jauh dan harusnya semakin akrab dengan yang sudah dekat.

Komunikasi adalah kunci utama jika Anda akan berjualan di medsos. Bangun dulu komunikasi dengan cara mengedukasi calon konsumen atau prospek. Dan berbagi mengenai keuntungan yang diperoleh dari produk jualan tersebut. Nah, setelahnya Anda bisa menyisipkan promosi sedikit-sedikit.

 Media Promosi Organik Maupun Berbayar

Bisa mempromosikan produk baik secara gratis atau berbayar adalah keuntungan dari medsos. Akun medsos Anda dapat digunakan sebagai media promosi dengan cara organik. Kuncinya, buat konten menarik dan rajin berbagi pengetahuan yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Bahkan, Anda bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar yang tertarget dan bisa disesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Selama Anda mengetahui caranya, bakal menguntungkan. Sebelum beriklan, pastikan pula produk Anda memang berkualitas.

Agar paham cara beriklan di media sosial sangat mudah. Anda hanya perlu banyak belajar dan mempraktekkannya.

 Menjaring Konsumen Baru

Manfaat medsos yang lain bagi pebisnis ialah bisa menjangkau lebih banyak orang. Potensi ini bisa dimanfaatkan untuk menjaring konsumen baru untuk produk Anda. Selama konten yang dibagikan bermanfaat bagi banyak orang, potensi untuk dikenal atau ditemukan tentu lebih besar pula.

Selain konten, cobalah memaksimalkan endorsement atau paid promote pada orang-orang terkenal yang ada di medsos. Cara ini pun bisa berpengaruh pada branding dan penjualan produk Anda.

Baca juga : Kiat Pentingnya Menjaga Keikhlasan Niat karena Allah

 Media untuk Mendapatkan Kritik serta Saran

Media sosial sebagai sarana berinteraksi adalah tempat yang cocok untuk mendapatkan kritik dan saran dari konsumen secara langsung. Pebisnis bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang puas dengan produknya. Atau keluhan dan masukan terhadap produk yang Anda jual.

Informasi yang didapatkan dari medsos pun bisa sangat cepat dan mudah. Sehingga Anda dapat langsung memperbaiki hal-hal apa saja yang kurang dan harus ditingkatkan dari produk serta layanan yang diberikan.

Dari keempat poin di atas bisa terlihat jika manfaat media sosial untuk bisnis sangat beragam. Tak sekedar mencari konsumen dan closing. Anda bisa melakukan lebih dari hal tersebut.

Ketika sudah paham apa manfaatnya, jangan Anda sia-siakan ya. Coba maksimalkan hal ini. Semoga cepat atau lambat, Anda pun akan merasakan efeknya pada bisnis. Selamat mencoba!

Pin It on Pinterest

Share This