Tips Mencegah Alzheimer dengan Mengonsumsi Teh Hijau – Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak dengan efek penderita akan sulit mengingat dan berkurangnya daya konsentrasi. Penyebabnya adalah kerusakan sel-sel pada otak sehingga membuat otak terlihat mengerut dan mengecil.

Berdasarkan laporan, Alzheimer’s Disease International (ADI) menyebutkan bahwa pada tahun 2015 terdapat 46.8 juga orang penderita demensia. Angka ini akan bertambah menjadi dua kali lipatnya setiap 20 tahun sekali.

Diperkirakan pada tahun 2050 terdapat 131.5 juta orang dengan demensia dan sekitar 68%-nya berasal dari negara dengan pendapatan rendah dan menengah, termasuk Indonesia.

Nah, ternyata cukup banyak kasus Alzheimer yang terjadi. Anda tentunya tak ingin mengambil risiko terkena penyakit Alzheimer ini, kan? Terlebih saat ini belum ada obat untuk mengobati penyakit Alzheimer.

Lantas, adakah cara pencegahan dini?

Tidak ada salahnya Anda mencoba teratur untuk mengkonsumsi teh hijau yang diseduh guna mencegah Alzheimer. Konsumsi teh hijau secara teratur serta dibarengi pola hidup sehat akan membantu mengurangi rIsiko terkena Alzheimer di kemudian hari.

Mengapa harus teh hijau?

Faktanya dalam teh hijau terdapat kandungan ekstrak teh hijau yang disebut epigallocatechin-3-gallate (ECGC) yang merupakan salah satu bahan antioksidan di dalam teh hijau. Bahan ini diyakini bertanggung jawab untuk banyak manfaat kesehatan dan disebut juga dapat memperlambat berkembangnya Alzheimer.

Teh hijau terbukti dapat menghambat progresivitas penyakit Alzheimer. Secara ilmiah, kandungan polifenol pada teh hijau EGCG memiliki efek neuroproteksi antioksidan dan pelarut besi.

Efek neuroprotektif EGCG ditunjukkan dengan mengaktivasi protein kinase C (PKC), menekan ekspresi inducible nitrit oxide synthase (iNOS), mensuspensi pembentukan nititoxide (NO) dan peroksinitrit, melindungi sel dari keracunan dan mempu mencegah proses apoptosis dengan mengurangi ekspresi bax (pro-apoptosis).

Singkatnya, ekstrak teh hijau (EGCG) dapat melindungi sel otak dari kematian dan dapat meregenarisasi sel-sel otak yang rusak, serta dapat memperlambat kerusakan yang disebabkan oleh Alzheimer.

Selain membantu mengurangi risiko terkena penyait Alzheimer, ternyata zat yang terkandung dalam teh hijau memiliki banyak manfaat, di antaranya :

  1. Polifenol : senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh dan ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh
  2. Vitamin : Daun teh mengandung beberapa vitamin, yaitu vitamin C, K, A, B1 dan B2
  3. Monocitrate : Mencegah bau mulut (nafas tidak segar)
  4. Chloropil : Mengharumkan mulut
  5. Theofilin : Senyawa ini mampu meredakan penyakit asma, terutaman pada anak-anak
  6. Seng (Zinc) : Seng merupakan zat mineral esensial yang sangat penting bagi tubuh.
  7. Kalsium : Merupakan mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot
  8. Asam Organik

Banyak sekali ya manfaat dari teh hijau bagi kesehatan, termasuk bisa mengurangi pencegahan penyakit Alzheimer. Namun, hal ini juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat guna terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

Pin It on Pinterest

Share This