Ketahui 10 Cara Hidup Sehat ala Rasulullah Saw. – Agama Islam adalah ajaran yang sempurna. Di dalamnya telah diatur segala hal, mulai dari urusan aqidah, akhlak, muamalah, Ibadah dan termasuk kesehatan. Tidak perlu membeli buku-buku mahal untuk mencari tahu kunci bagaimana cara hidup sehat. Cukup teladani pola hidup Rasulullah Saw.

Menurut catatan sejarah, semasa hidupnya, Rasulullah Saw. hanya pernah mengalami sakit sebanyak 2 kali. Pertama, ketika beliau diracuni oleh perempuan Yahudi. Kedua, ketika menjelang ajalnya. Selain dari itu, Rasulullah Saw. selalu tampak sehat dan bugar. Maka dari itu, kita harus meneladani beliau agar selalu sehat dan bugar.

Allah Swt. berfirman,

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak meningat Allah.” )QS Al Ahzab : 21)

Berikut adalah beberapa cara hidup sehat menurut Islam yang  bisa kita contoh dari Rasulullah Saw., diantaranya :

  1. Mencuci Tangan Sebelum Makan

Rasulullah Saw. adalah orang yang sangat menyukai kebersihan. Walaupun tidak ada hadits yang mengatakan bahwa beliau selalu cuci tangan sebelum makan, namun beliau telah menyempurnakan wudhunya dengan membersihkan tangan secara benar sampai pada sela-sela jarinya.

Diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’ Nabi berkata, ‘Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-sela antara jari-jemarimu, dan bersungguh-sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.’” (HR Tirmidzi)

Hal ini dapat menghindari resiko sakit yang diakibatkan oleh kuman, bakteri atau kotoran yang menempel di tangan. Sebaiknya mencuci tangan juga dilakukan dengan sabun agar benar-benar bersih.

  1. Mengonsumsi Makanan Halal

Jika ingin hidup sehat maka hendaklah mengonsumsi makanan yang halal. Jangan mencari-cari makanan yang diharamkan oleh Allah Swt., misalnya saja daging Babi, makanan curian dan sejenisnya. Mengonsumsi makanan haram tidak akan mendatangkan keberkahan. Selain itu, hewan-hewan yang diharamkan dalam Islam juga terbukti tidak baik untuk kesehatan.

Allah Swt. berfirman,

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurillah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS An Nahl :114)

  1. Makan dengan Tangan Kanan

Ajaran Islam mengajarkan kita untuk mengonsumsi makanan atau minuman dengan tangan kanan. Hal ini memang benar jika dikaji dari sisi kesehatan. Pasalnya, syaitan juga makan dengan menggunakan tangan kiri. Maka dari itu Allah Swt. melarang kita makan dengan menggunakan tangan kiri.

Dari ibnu Umar ra. Rasulullah Saw. bersabda,

JIka salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya seta itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR Muslim)

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gizi

Di jaman dahulu belum ada makanan cepat saji ataupun makanan kemasan yang mengandung zat aditif. Maka itu, tak heran jika orang-orang jaman dulu cenderung panjang umur. Begitupun dengan Rasulullah Saw.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa setiap pagi mengonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kebersihan itu pangkal kesehatan. Hal ini diterapkan oleh Rasulullah Saw. Beliu senang berwudhu, bersiwak, memakai wewangian, menggunting kuku dan membersihkan lingkungannya. Sebagaimana sabdanya, “Sesungguhnya Allah itu bersih, Dia cinta kebersihan.” (HR Tirmidzi)

  1. Tidur Awal dan Bangun di Sepertiga Malam

Tidur larut malam tidak baik untuk kesehatan. Sebab di saat malam, mulai dari jam 21.00 – 03.00 berlangsung proses metabolism tubuh. Dimana racun-racun dikeluarkan dari tubuh. Dan agar proses tersebut dapat berjalan optimal sebaiknya tubuh berada dalam kondisi rileks

Rasulullah Saw. telah menerapkan pola tidur sehat semasa hidupnya. Biasanya beliau tidur selepas Shalat Isya. Bisa dikatakan waktu tidur beliau rata-rata 7-8 jam sehari. Hal itu sangat ideal dan sesuai dengan anjuran para ahli medis.

  1. Berpuasa

Dijelaskan dalam beberapa hadits bahwa Nabi Saw. adalah sosok yang sering melakukan amalan puasa. Seperti puasa senin dan kamis, puasa 3 hari setiap bualn Hijriyah, uasa bulan Sya’ban, puasa 6 hari bulan Syawal, puasa Daud Arofah, puasa Awal Dzulhijah dan puasa ‘Asyura. Saat tidak memiliki sesuatu untuk dimakan, biasanya Beliau lebih memilih untuk berpuasa.

Allah Swt. berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS Al Baqarah : 183)

  1. Tidak Berlebihan dalam Makan

Makan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Selain bisa memicu resiko obesitas, memasukkan makanan dalam porsi besar ke perut akan menyulitkan kerja lambung dan meninggalkan resiko penyakit degeneratif.

Allah Swt. berfirman, “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al Araf : 31)

  1. Menjalankan Shalat dengan Khusyuk

Rasulullah Saw. adalah orang yang selalu menjalankan shalat dengan khusyuk. Beliau kerap membaca surat-surat yang panjang dalam shalatnya dan menghayati tiap gerakan shalat. Dan sata sujud, beliau akan melakukannya cukup lama.

  1. Berolahraga

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah resiko berbagai macam penyakit. Ternyata Rasulullah pun juga sangat menggemari olahraga.

Dari Amirul mukinin, Umar Al-Khattab, Rasulullah Saw. bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Itulah tadi cara-cara bagaimana hidup sehat ala Rasulullah Saw. Semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This