Kenali Beragam Platform untuk Share Stories di  Media Sosial Ini – Bagi pengguna media sosial, ada beragam platform yang bisa digunakan untuk berbagi kisah atau sharing stories. Contohnya Facebook. Platform digital ini hadir sebagai sarana berbagi kisah, mengiklankan produk, branding merek, ajang berkenalan dan sebagainya. Facebook pun dianggap penting dalam kehidupan generasi milenial.

Menurut data, satu dari dua orang generasi milenial adalah pengguna aktif media sosial. Bahkan, waktu yang mereka pergunakan di dalam media sosial tercatat sebanyak 203 menit dalam satu harinya. Bayangkan!

Dan Facebook sebagai platform populer digunakan oleh 9 dari 10 orang milenial. Sebanyak 64% pegguna aktif Facebook merupakan milenial. Bahkan, 89% pengguna Instagram merupakan milenial.

Selain Facebook, ada pula ‘saudaranya’ yaitu Instagram. IG atau Instagram sendiri saat ini tumbuh dengan pengguna semakin membesar. Media sosial yang awalnya hanya platform untuk berbagi foto, kini bermetamorfosa menjadi platform interaktif. Salah satu fitur yang sangat digandrungi generasi milenial adalah fitur ‘Stories’.

Di Instagram Stories ada beberapa fitur tambahan yang dapat dipergunakan, seperti stiker, Gif, Boomerang dan lain sebagainya. Meski ‘Insta Stories’ ini tampilannya muncul selama 24 jam saja, penggunanya semakin bertambah dari hari ke hari.

Fitur Stories di Instagram telah memiliki pengguna harian mencapai 500 juta di seluruh dunia. Indonesia termasuk negara pengguna ‘Insta Stories’ terbesar, nih. Bila dibandingkan dengan data terakhir di Juni 2018, pengguna ‘Insta Stories’ meningkat hingga mencapai 100 juta orang.

Sesuai dengan namanya, Stories mengedepankan kisah manusia. Dari cerita tentang kehidupan sehari-hari, curhat pribadi, pendapat pengguna mengenai suatu hal yang sedang viral atau mengucapkan bela sungkawa di saat terjadi bencana alam dan kasus kemanusiaan lainnya. Hal yang berhasil membuat media sosial begitu menarik banyak pengguna.

Para penggunanya berbondong-bondong menggunakan format di mana kreativitas, spontanitas, dan drama sungguhan, akhirnya berhasil mengalahkan video tutorial yang diproduksi secara massal. Menarik, bukan?

Nah, agar kian digemari oleh pengguna Instagram, pendiri sekaligus CEO Facebook Grup yaitu Mark Zuckerberg menyiapkan beberapa inovasi yang akan disematkan pada Instagram Stories. Salah satu yang sudah terealisasi adalah pilihan private sharing. Sebelumnya, Zuckerberg juga menyebut bahwa Stories merupakan masa depan bagi aplikasi miliknya itu. Maka fitur Stories juga disematkan pada Facebook dan WhatsApp sejak tahun 2017.

Meski terlambat diperkenalkan, baik Facebook maupun WhatsApp Stories sama-sama meraih popularitas di bulan Mei 2018 lalu. Facebook tercatat memiliki 300 juta pengguna harian yang aktif. Begitu pula dengan WhatsApp yang memiliki 450 juta pengguna harian aktif di seluruh dunia.

Jadi sekarang pilihan berada di tangan pengguna media sosial. Pilih berbagi Stories dari Instagram, Facebook atau WhatsApp? Atau jika bingung, silakan pergunakan saja semua fitur Stories dari beragam platform yang ada. Bagaimana, Anda setuju?

Pin It on Pinterest

Share This