Ternyata air kelapa memiliki banyak manfaat yang luar biasa, terutama untuk ibu hamil. Manfaat air kelapa untuk perempuan memang sangat banyak. Tak heran bila air kelapa sering dijadikan inspirasi bagi perempuan yang tengah hamil dan kaum remaja yang mendambakan kulit halus.

Namun tidak semua air kelapa memiliki manfaat tersebut, ya. Anda perlu mencermatinya. Karena ada jenis kelapa tertentu yang harus dikonsumsi, agar memperoleh manfaat dari air kelapa ini.

Air kelapa hijau adalah yang paling bagus khasiatnya untuk ibu hamil dibandingkan air kelapa biasa. Sementara untuk perawatan wajah, bisa menggunakan air kelapa yang tua atau air kelapa biasa yang banyak dijual di pasar.

Lantas, apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Ada 16 manfaat air untuk ibu hamil, antara lain:

  1. Anti Penuaan Dini (Anti Aging)
    Manfaat air kelapa yang pertama adalah sebagai anti penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh sifat dari air kelapa muda yang dapat membantu memperbaharui sel-sel tubuh. Air kelapa muda juga sangat baik dikonsumsi setelah kehamilan, untuk mengatasi masalah stretch mark.
  2. Diuretik Alami
    Manfaat yang kedua untuk kehamilan adalah sebagai diuretik alami. Karenanya, sangat steril dan aman dikonsumsi terutama bagi ibu hamil. Air kelapa bertindak sebagai makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sifat diuretik alami. Air kelapa muda bermanfaat melancarkan proses pembuangan urine, membersihkan saluran kemih, membantu mengeluarkan zat racun yang masuk ke dalam tubuh, dan dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.
  3. Meningkatkan HDL
    Air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolestrol baik di dalam tubuh. HDL dapat menekan tingginya angka kolestrol jahat (LDL) di dalam tubuh, dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kadar LDL dalam tubuh. Gangguan kehamilan ini juga akan terjadi pada ibu yang memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi.
  4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
    Fungsi pencernaan pada ibu hamil dapat mengalami gangguan, seperti pelambatan mencerna makanan. Karenanya, air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Apabila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka beberapa gangguan pencernaan pada ibu hamil dapat dicegah.
  5. Sumber Vitamin C
    Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.
  6. Sumber Vitamin B
    Vitamin B juga salah satu jenis vitamin yang terkandung di dalam air kelapa muda. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah sebagai sumber vitamin B, sehingga membantu mengganti jaringan tubuh yang rusak.
  7. Mencegah Penyumbatan pada Pembuluh Darah
    Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjurnya adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Karena air kelapa muda memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.
  8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang ke delapan adalah untuk meningkatkan metabolism tubuh. Karena metabolism tubuh sangat penting bagi ibu hamil, peran air kelapa muda sangat besar.
  9. Sumber Elektrolit Alami
    Elektrolit merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu ibu hamil dalam mengembangkan fungsi cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi kerap dialami ibu hamil. Mengonsumsi air kelapa jadi hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.
  10. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kandungan kalium dan magnesium tinggi yang terkandung pada air kelapa muda dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil. Kondisi ini juga diperlukan untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin.
  11. Menurunkan Tekanan Darah
    Ibu hamil wajib menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. Maka untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami.

Baca juga : Ketika Generasi Milenial Diprediksi Mengubah Indonesia di Tahun 2020

Itulah 11 manfaat air kelapa bagi ibu hamil. Nah, untuk mengetahui manfaat lainnya dari air kelapa untuk merawat wajahsimak di artikel berikutnya ya.

Pin It on Pinterest

Share This