Ini Dia 5 Faedah Puasa Syawal yang Patut Diketahui – Begitu Ramadan berakhir, maka datang Syawal. Di bulan ini, ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan. Salah satunya adalah berpuasa Syawal. Puasa ini dikerjakan selama  enam  hari pada bulan Syawal. Lalu, apa saja faedah dari melaksanakan puasa ini? Ingin tahu pastinya, ya. Simak penjelasannya di artikel ini.

Ada banyak faedah berpuasa di bulan Syawal. Dan 5 di antaranya, antara lain:

  1. Puasa Syawal akan Menggenapkan Ganjaran Berpuasa Setahun Penuh

Nabi Saw. bersabda, “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun lamanya.” (HR Muslim)

Cara melaksanakan puasa Syawal yaitu:

  1. Puasanya dilakukan selama enam hari
  2. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri. Namun, tidak mengapa jika dilakukan di akhir bulan (diakhirkan). Asalkan masih di bulan Syawal.
  3. Lebih utama dilakukan secara berurutan. Tapi, tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan.
  4. Usahakan untuk menunaikan qodho puasa Ramadan terlebih dulu, agar mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh. Dan ingatlah, puasa Syawal adalah puasa sunah sedangkan qodho Ramadan adalah wajib.
  1. Puasa Syawal Seperti Halnya Salat Sunah Rawatib yang Dapat Menutup Kekurangan dan Menyempurnakan Ibadah Wajib

Puasa Syawal akan menyempurnakan kekurangan yang ada, pada saat puasa wajib di bulan Ramadan ditunaikan. Sebagaimana salat sunah Rawatib yang menyempurnakan ibadah wajib. Amalan sunah seperti puasa Syawal nantinya akan menyempurnakan puasa Ramadan, yang seringkali terdapat kekurangan yang tak disengaja. Ini hal yang dialami banyak orang ketika berpuasa Ramadan. Tentu dijumpai kekurangan yang bisa mengurangi pahala puasa, yang mesti disempurnakan dengan amalan sunah.

  1. Melakukan Puasa Syawal Merupakan Tanda Diterimanya Amalan Puasa Ramadan

Jika Allah SWT menerima amalan seorang hamba, maka Dia akan menunjuki pada amalan saleh selanjutya. Ketika Allah menerima amalan puasa di bulan Ramadhan, maka Dia akan menunjuki hamba itu untuk melakukan amalan saleh lainnya. Di antaranya puasa enam hari di bulan Syawal.

  1. Melaksanakan Puasa Syawal adalah Wujud Syukur pada Allah

Nikmat utama apa yang perlu disyukuri? Inilah nikmat berupa pengampunanan dosa yang begitu banyak di bulan Ramadan. Bukankah kita tahu bahwa melalui amalan puasa dan salat malam selama sebulan penuh saat Ramadan, adalah sebab datangnya ampunan Allah?

  1. Melaksanakan Puasa Syawal adalah Tanda bahwa Ibadahnya Kontinu dan Bukan Musiman

Amalan yang dilakukan seseorang di bulan Ramadan sepatutnya tidak berhenti setelah Ramadan berakhir.  Amalan tersebut berlangsung selama hayat masih dikandung badan. Ketika seorang hamba masih menarik nafas kehidupan.

Amalan seorang mukmin barulah berakhir, ketika ajal menjemput. Firman Allah SWT, “Dan sembahlah Rabbmu sampai datang kepadamu al yaqin (yakni ajal).” (QS Al Hijr : 99)

Ibnu Abbas, Mujahid dan mayoritas ulama mengatakan bahwa “al yaqin” adalah kematian. Dinamakan demikian, karena kematian itu sesuatu yang diyakini pasti terjadi.

Itulah 5 faedah dari puasa Syawal yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan berpuasa Syawal selama 6 hari, ya.

Pin It on Pinterest

Share This