Ini Dia 4 Makanan Sehat agar Diet Cepat dan Alami – Makanan sehat untuk tubuh adalah yang memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Nah, di dalam kategori tersebut ada banyak makanan sehat untuk diet. Standar ini juga berlaku bagi mereka yang sedang diet. Tapi dengan cara membatasi beberapa kandungan zat yang ada di makanan.

Kelebihan lemak dalam tubuh bisa terbakar dan menjadi energi secara alami. Hal ini terjadi akibat kekurangan zat-zat yang dibutuhkan untuk membakar kalori menjadi energi.

Ingin tahu makanan yang paling cocok buat yang ingin diet tapi tetap sehat?

Kalau mendengar kata karbohidrat, yang terlintas dalam pikiran adalah nasi putih. Benar, nasi putih kaya akan karbohidrat. Namun, jenis karbohidrat yang terkandung di dalamnya sangat cepat diserap oleh tubuh. Sehingga beberapa saat kemudian jadi merasa lapar lagi.

Lalu, makanan pengganti nasi putih dengan karbohidrat yang rendah apa saja ya? Inilah beberapa jenis makanan sehat dengan kadar karbohidrat rendah agar diet cepat dan alami, di antaranya:

  1. Beras Merah

Beras merah mengandung serat yang tinggi dan sangat cocok bagi yang sedang diet. Kandungan karbohidrat kompleksnya juga berbeda dengan nasi putih. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam beras merah membutuhkan waktu lebih lama mengubah kalori menjadi energi. Ini bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Coba makan 1 mangkuk beras merah sebagai pengganti makan malam, agar tetap sehat. Bisa pula dijadikan sebagai pengganti makan siang.

Kelebihan Beras Merah:

  • Mengenyangkan lebih lama
  • Sehat
  • Memiliki kandungan gizi lengkap
  • Tidak menggemukkan

Selain itu, beras merah bisa melawan radikal bebas, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menguatkan tulang, melawan penyakit kanker, mengontrol gula darah dan menjaga sistem syaraf tetap sehat. Kandungan yang ada dalam beras merah yaitu vitamin A dan B, selijm, magnesium, fosfor, kalsium, dan masih banyak lagi.

  1. Gandum (Roti Gandum/Oatmeal)

Gandum sebagai sumber karbohidrat kompleks akan membuatmu kenyang lebih lama. Sangat bagus untuk memperbaiki sistem metabolisme. Menurut salah satu penelitian, gandum dapat mengontrol berat badan bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Gandum juga ampuh memenuhi asupan gizi yang sedang diet, tanpa menaikkan berat badan bila dikonsumsi.

Ganti sarapan nasi putih dengan gandum ketika sedang diet. Dijamin hasilnya sangat bermanfaat. Selain itu, gandum juga bermanfaat bagi kesehatan, karena dapat menyehatkan jantung, mencegah diabetes, melawan kanker payudara, mencegah asma, mengurangi peradangan, mencegah penyakit batu empedu, mencegah anemia, dan baik untuk perkembangan otak.

Gandum juga mengandung unsur katalitik, mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin B, vitamin E, dan masih banyak lagi. Banyak pilihan olahan gandum yang praktis seperti oatmeal dan roti gandum yang dapat dimakan dengan mudah.

  1. Singkong

Singkong adalah sumber karbohidrat yang normal. Olahan yang paling cocok bagimu yang sedang diet adalah singkong rebus. Kandungan serat dalam singkong akan membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, tidak perlu khawatir merasa lapar. Walau hanya makan singkong saja.

Pencernaan manusia menjadi lancar, ketika makan singkong. Karena kandungan serat dalam singkong akan menyerap racun yang berada di usus dan serat singkong tidak larut dalam air. Selain itu, singkong juga bisa mengatasi berbagai penyakit seperti anemia, mencegah kanker, dan daunnya dapat mengatasi stroke.

Kandungan dalam singkong yang menyehatkan tubuh antara lain adalah serat, protein, vitamin K dan B, kalium, magnesium, dan tembaga. Ketika sedang diet, sebaiknya makan singkong sebagai pengganti sarapan ya.

  1. Jagung

Makan jagung lebih sehat ketimbang makan nasi. Bahkan di beberapa negara, jagung dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Karbohidrat yang dimiliki jagung cukup untuk memenuhi karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Rasa lapar akan hilang dan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengkonsumsi jagung dapat menurunkan berat badan, memperkuat tulang, menyehatkan otot, menjaga sistem syaraf, dan kesehatan otak.

Bahan jagung paling cocok bagi yang sedang diet adalah nasi jagung. Jangan mengolah jagung dengan cara lain kecuali direbus dan dijadikan sebagai nasi, karena bila salah mengolah jagung malah membuatmu gemuk.

Manfaat lain dari jagung adalah melancarkan pencernaan, mengobati diare, menjaga kesehatan ginjal, antioksidan, mencegah anemia, menyehatkan tulang dan mata, dan dapat mencegah kanker. Kandungan yang ada dalam jagung adalah vitamin A, B dan C, kalium, serat, protein dan masih banyak lagi.

Nah, buat yang sedang diet tertarik mencoba 4 jenis makanan ini? Semoga bertambah sehat, ya.

Hubungi admin disini... whatsapp

Pin It on Pinterest

Share This