Cari Tahu 6 Fitur Menarikvyang Ada di WhatsApp, Yuk! – WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform terpopuler di masyarakat. Tahun 2019 ini WhatsApp terus meningkatkan kualitas layanan dengan beragam fitur di dalamnya. Selain untuk media komunikasi, Anda pun perlu tahu cara optimal penggunaan WhatsApp. Nah, apa saja saja fitur yang ada dalam aplikasi WhatsApp?

Ini dia 6 fitur menarik yang tersedia di WhatsApp Anda, antara lain:

  1. WhatsApp Web

WhatsApp tidak hanya bisa digunakan di ponsel pintar saja, tetapi bisa digunakan di PC dengan menggunakan versi web. Ada dua cara dalam menggunakan WhatsApp Web. Cara pertama, Anda bisa mengunduh software WhatsApp web dan kedua, bisa melalui browser lalu ketik alamat WhatsApp web-nya, yaitu web.whatsapp.com.

Cara penggunaannya sendiri tidak jauh berbeda dengan WhatsApp di ponsel. Setelah membuka WhatsApp Web di PC, Anda bisa langsung scan barcode yang tertera di layar. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel, lalu klik tiitk tiga yang terletak di pojok. Pilih WhatsApp Web dan scan barcode yang ada di layar PC. Voila, WhatsApp Web bisa digunakan layaknya di ponsel.

Anda pun bisa login di beberapa laptop atau komputer, tanpa perlu log out dari komputer sebelumnya. Pastikan koneksi jaringan internet Anda dari ponsel tetap stabil, selama menggunakan WhatsApp Web, ya.

Fungsi fitur tersebut dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan PC atau komputer. Sehingga tak perlu mengecek ponsel Anda berulang kali. Chatting pun jadi praktis, bukan?

  1. Broadcast Pesan

Broadcast pesan di WhatsApp bisa digunakan seperti pesan di aplikasi Blackberry. Anda bisa mengirim pesan pada beberapa orang dengan pesan broadcast di WhatsApp.

Keunggulannya adalah ketika mengirim pesan broadcast akan ada grup tersendiri pada aplikasi yang dibuat otomatis oleh WhatsApp. Grup tersebut hanya muncul di ponsel Anda, untuk memudahkan mengirim pesan broadcast yang sama. Namun, kekurangannya fitur ini hanya bisa mengirim pesan broadcast pada mereka yang menyimpan kontak Anda saja.

  1. Video Call bersama 3 Orang Teman

Jika biasanya Anda melakukan video call hanya dengan satu orang saja, saat ini fitur WhatsApp memungkinkan melakukan video call bersama 3 orang. Hal ini sesuatu yang baru bagi pengguna WhastApp.

Jika dilihat dari kestabilan ketika melakukan video call, fitur yang tersedia di WhatsApp ini jauh lebih stabil. Apalagi jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

  1. Story di WhatsApp

Fitur ini hampir sama seperti fitur sejenis di Instagram. Di aplikasi WhatsApp, Anda bisa dengan mudah menyisipkan link, tapi story di Instagram berbeda. Hanya pemilik akun yang memiliki followers di atas 19 ribu saja, yang bisa menyisipkan link pada IG story-nya.

Setting bagi mereka yang bisa melihat story Anda jauh lebih canggih di fitur WhatsApp ini. Bandingkan dengan Instagram story yang hanya bisa mengatur close friend untuk melihat story privasi. Namun, di story WhatsApp Anda bisa mengatur teman yang bisa melihat story dan memilih orang-orang yang tidak boleh melihat story tanpa perlu menjadikan mereka close friend seperti di Instagram.

  1. Stiker Foto Sendiri di WA

Akhir tahun 2018 lalu, WhatsApp membuat gebrakan baru dengan membuat pengguna bisa memasukkan stiker ketika chatting. Anda bisa menggunakan stiker yang sudah disediakan atau dapat pula membuat stiker gambar kreasi sendiri.

Untuk membuat stiker di WhatsApp, Anda perlu bantuan aplikasi background eraser yang bisa diunduh dari Play Store atau App Store.

  1. Fitur Pesan yang Lebih Update

WhatsApp juga membuat fitur dasar yang biasa ditemukan di Software Microsoft Word seperti bold, italic, dan strikethrough. Bagaimana caranya?

  • (Bold) Menebalkan Tulisan

Anda hanya perlu menambahkan simbol bintang di antara tulisan yang ingin ditebalkan. Contohnya *WhatsApp*. Jika sudah, maka dengan sendirinya tulisan akan berubah format menjadi tebal.

  • (Italic) Memiringkan Tulisan

Anda hanya perlu menambahkan simbol underscore atau garis bawah. Contohnya _WhatsApp_

  • (Strikethrough) Tulisan Coret

Anda pun bisa membuat tulisan seperti coret, dengan menambahkankan simbol ~~ di antara tulisan yang ingin diberi format coret. Contohnya ~WhatsApp~.

  • Kombinasi

Anda juga bisa mengombinasikan format tulisan ini. Caranya dengan menggunakan dua format sekaligus. Contohnya _*WhatsApp*_ maka hasilnya WhatsApp.

  • Menghapus Pesan di Chat Orang Lain

WhatsApp juga mengizinkan pengguna untuk menarik kembali pesan yang sudah terkirim. Tapi, pesan yang sudah terkirim dan dihapus akan meninggalkan jejak. Jadi Anda harus lebih berhati-hati ketika mengirim pesan.

Itulah keenam fitur WhatsApp yang bisa diterapkan pada saat chatting. Semoga dapat bermanfaat ya, sehingga Anda pun optimal ketika memakai aplikasi WhatsApp.

Pin It on Pinterest

Share This