Buat Singlelillah: Inilah 7 Alasan Keuntungan Menikah Muda – Menikah adalah salah satu keputusan besar dalam kehidupan manusia. Maka, memutuskan untuk menikah memerlukan pertimbangan yang panjang dan butuh keyakinan kuat. Alasannya karena pernikahan bukan hanya menyatukan dua hati menjadi satu, melainkan juga menyatukan dua keluarga yang mempunyai perbedaan visi dan misi.

Nah, bagi singlelillah yang berencana segera menikah berikut ada 7 keuntungan untuk menikah di usia muda. Apalagi menikah di usia muda ternyata memiliki kelebihan bagi kelangsungan hidup setelah menikah kelak, loh. Di antaranya adalah:

  1. Buat apa Menunggu, Bila Sudah Ada yang Cocok

Jika sudah memiliki pasangan dan merasa cocok, mengapa harus menunggu lebih lama? Bukankah pada nantinya akan menjalani hidup bersama dalam bahtera rumah tangga? Justru dengan menikah muda, kamu punya lebih banyak waktu untuk membangun rencana kehidupan bersama pasangan di masa depan.

  1. Secara Ilmiah, Kamu akan Lebih Bahagia

Menurut “Knot-Yet Report” dari National Marriage Project 2013, mereka yang menikah pada usia muda ternyata lebih bahagia dibanding orang-orang yang menunda pernikahan. Dalam penelitian tersebut, orang berusia 20-28 tahun yang mengatakan mereka “sangat puas dengan hidupnya” adalah mereka yang menikah di rentang usia tersebut.

Dalam penelitian yang sama, perempuan yang lebih bahagia adalah mereka yang menikah pada usia 24-26 tahun. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan menikah bisa membuatmu lebih bahagia.

  1. Laki-Laki yang Menikah Muda akan Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Secara umum, pria yang menikah muda dapat menghasilkan uang lebih banyak dibanding mereka yang masih lajang. Apalagi setelah menikah, semangat untuk mendapatkan uang menjadi prioritas utama, karena memikirkan kebutuhan keluarga.  Pun ketika kelak memiliki buah hati tercinta yang membutuhkan keuangan lebih banyak.

  1. Dapat Menemukan Jati Diri yang Sesungguhnya

Menikah muda dengan orang yang tepat, tidak akan menghalangi kesempatanmu untuk menemukan jati diri yang sebenarnya. Malah dengan hadirnya seseorang dalam hidup ternyata bisa membantumu untuk mengeluarkan sisi lain yang ada dalam dirimu, yang belum kamu ketahui sebelumnya. Menyenangkan, ya?

  1. Belajar Bertanggung Jawab Lebih Awal

Menikah di usia muda akan membantu kamu untuk lebih dewasa dan bertanggung jawab dalam hidup. Karena cepat atau lambat, kamu akan merasakan suatu hal yang tidak bisa kamu hindari dan hadapi, contohnya seperti masalah yang muncul dalam rumah tangga. Maka, ketika itu terjadi diperlukan sikap dewasa dan bertanggung jawab dari pasangan suami istri tersebut.

  1. Selalu ada Masalah dalam Pernikahan

Katanya, menikah muda itu rawan perceraian. Alasannya karena masih belum bisa mengendalikan emosi. Sebenarnya pendapat ini tidak sepenuhya benar, karena masalah dalam pernikahan akan selalu ada. Tanpa peduli kamu menikah di usia berapa. Jadi, ketika sudah bertemu calon yang tepat tak perlu menunda menikah lebih lama, bukan?

  1. Lebih Bebas Bermain Bersama

Menikah di usia muda memberikan kalian kesempatan untuk bersenang-senang dan bermain bersama. Karena masih muda, pastinya ingin melakukan banyak hal dengan pasangan. Usia muda yang identik dengan kebugaran tentu memudahkan pasangan muda untuk bebas beraktivitas bersama pasangan dan anak-anak mereka kelak. Misalnya bepergian bersama keluar negeri atau mengunjungi kerabat di luar kota.

Nah, apakah 7 alasan di atas membuat kamu antusias untuk menikah di usia muda? Semuanya bergantung kepada diri dan pasangan masing-masing. Tapi jika memang sudah saling cocok dan satu visi misi, mengapa harus menunda untuk menikah? Meskipun usia kalian masih tergolong muda, tidak perlu khawatir berlebihan. Pertimbangkan baik-baik, ya. Semoga bermanfaat. 🙂

Pin It on Pinterest

Share This