7 Tips Membangun Brand Awareness pada Akun Instagram Anda – Gak punya instagram? Masa sih??- mungkin merupakan pertanyaan yang lazim dilontarkan khususnya pada 2017 ini. Tidak hanya digunakan oleh perseorangan sebagai media sosial hariannya, kini Instagram kerap digunakan oleh berbagai artis, tokoh, merk, perusahaan sebagai alat branding dan promosi secara digital.

Ketika Facebook ataupun Twitter juga menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai tempat branding, Instagram sebagai apps yang mengunggulkan pada fotonya juga hadir untuk menggaet audiens dengan lebih menekankan aspek visual. Instagram kini telah menjadi salah satu bagian gaya hidup yang tidak terpisahkan dari smartphone kita.

Sekarang ini, dengan lebih dari 700 juta pengguna, Instagram ternyata hadir sebagai platform marketing yang sangat menjanjikan dengan cakupan industri yang sangat luas. Meskipun instagram begitu kuat, namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita sudah memiliki strategi yang tepat untuk mengoptimalisasikan penggunaan instagram? Karena nyatanya, semakin sahabat memperluas jaringan sahabat di Instagram, semakin besar pula peluang proses transaksi jual beli yang dapat terjadi.

Pada artikel kali ini, Sygma Innovation menghadirkan 7 tips yang bisa sahabat terapkan dalam membangun identitas brand pada Instagram, meningkatkan ikatan dengan followes, sertta menarik segala keuntungan yang penting.

7 Tips Membangun Brand Awareness pada Akun Instagram Anda

1. Gunakan Tools yang Tersedia

Gunakan Tools yang Tersedia

Gunakan Tools yang Tersedia

Instagram kini telah meluncurkan fitur terbarunya yang dikhususkan bagi para business user. Fitur-fitur ini dimaksudkan untuk memudahkan para business user untuk berhubungan klien ataupun untuk melihat perkembangan akun instagram mereka. Fitur yang tersedia adalah akses telepon, sms, ataupun email secara langsung.

Selain fitur kontak, instagram juga menyediakan analytics tool yang dapat membantu para pengguna untuk melihat data statistik dari ikatan dan tanggapan pengikut akun instagram mereka. Data ini sangatlah bermanfaat untuk melihat kecenderungan konten yang lebih diminati oleh para pengikut akun.

Melalui fitur ini sahabat dapat mengetahui bahwa semakin sahabat mengetahui bagaimana interaksi antara followers dan akun sahabat, semakin besar pula ikatan yang dapat sahabat bangun melalui akun milik sahabat.

2. Tentukan Kepribadianmu, Jadilah Konsisten

Tentukan Kepribadianmu, Jadilah Konsisten

Tentukan Kepribadianmu, Jadilah Konsisten

Biasanya, seseorang yang baru menggunakan Instagram akan lebih memilih untuk mengupload sesuatu yang menarik bagi mereka. Bagaimanapun, untuk meraih pengikut yang lebih banyak, kita tidak bisa begitu saja mengupload sebuah foto tanpa strategi yang jelas.

Sama seperti pengembangan sebuah brand, untuk meraih banyak pengikut pada instagram, kita harus memiliki kepribadian yang dapat menjadi ciri khas kita. Kepribadian, atau tema yang kita ditentukan ini akan membuat akun kita terlihat lebih ‘manusiawi’ (humanis) dan pengikut akan memiliki dekekatan yang terasa lebih personal dengan akun kita.

Setelah kita menentukan kepribadian dari akun kita, jangan lupa untuk selalu konsisten dengan kepribadian sahabat. Dengan cara itulah pengikut kita akan mengetahui warna dari akun sahabat. Misalnya sebuah akun yang menjual produk-produk kecantikan.

Tidak hanya mempromosikan barang jualannya, akun tersebut juga dapat membuat kepribadiannya dengan memposting hal-hal lain yang berkaitan dengan kecantikan, misalnya public figure, beauty lifestyle, hingga tips kecantikan.

3. Gunakan Hastag, Gunakan STRICT
Hastag dapat menjadi salah alat yang luar biasa untuk menambah pengikut kita dan ikatan kita dengan konten yang kita sajikan. Akan tetapi pada waktu yang bersamaan pula, ketika seseorang terlalu mudah untuk mencantumkan hastag, terkadang hastag menjadi tempat konten-konten yang tidak saling berkaitan dengan hastag yang dicantumkan.

Kembali pada poin pertama, hastag memang tetap menjadi alat yang luar biasa untuk brand yang kita promosikan. Misal saja ketika kita sedang melakukan sebuah kampanye, hastag menjadi cara terbaik untuk mempromosikan brand kita.

Dalam penggunaan hastag, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mengutip dari socialmediatoday.com, terdapat 6 rules yang dapat kita ikuti dalam mencantumkan hastag, yaitu STRICT:

Gunakan Hastag, Gunakan STRICT

4. Lakukan Cross-Promote

Lakukan Cross-Promote

Lakukan Cross-Promote

Sudah memiliki brand yang dikenal orang banyak orang dan disukai banyak baik secara online pada platform lainnya, ataupun secara offline? Cross promote dapat menjadi pilihan terbaik.

Tidak masalah sebenarnya apabila sahabat telah sebelumnya berikatan dengan pengikut ataupun penyuka brand sahabat melalui platform lainnya seperti twitter, facebook, ataupun Linkedin. Dengan ikatan yang kuat, sahabat dapat mengajak pengikut sahabat pada platform lainnya untuk juga mengikuti akun instagram sahabat. Buatlah caption menarikyang membuat instagram menjadi penting untuk diikuti pula oleh para pengikut sahabat. Misalnya, apabila di Facebook sahabat cenderung memposting hal yang berkaitan dengan konten brand sahabat, cobalah untuk memposting hal-hal ringan ataupun sesuatu dibalik layar tentang brand sahabat pada instagram yang dikelola.

Selain itu, sahabat juga dapat menyambungkan setiap media sosial yang sahabat miliki agar tidak hanya dapat dilihat melalui instagram, para pengikut brand pada akun facebook sahabat juga dapat mengetahui update yang dilakukan oleh sahabat.

5. Temukan Komunitasmu

Temukan Komunitasmu

Temukan Komunitasmu

Setelah 4 tips yang sangat berkaitan dengan ikatan dengan pengikut, tips kelima ini akan lebih memfokuskan pada jangkauan akun sahabat terhadap instagram. Membangun jangkauan akun sahabat dapat dilakukan dengan menentukan komunitas yang paling sesuai dengan akun milik sahabat. Di Instagram, biasanya komunitas-komunitas ini dikelompokkan sesuai dengan hastag.

Jika kemudian sahabat dapat mengidentifikasikan lalu memilih komunitas yang sesuai dengan identitas brand sahabat, sahabat seharusnya dapat dapat meningkatkan kemungkinan mendekati konsumen sahabat dalam ruang lingkup tertentu.

Setelah menentukan komunitas, cobalah perhatikan beberapa hal berikut:

  • Influencer terbaik di dalam komunitas sahabat
  • Hastag yang secara umum sering digunakan oleh komunitas sahabat
  • Gaya foto yang populer digunakan oleh komunitas sahabat
  • Taktik dalam ikatan terhadap pengikut akun instagram pada kebanyakan akun-akun komunitas yang sahabat ikuti.

6. Janganlah Berlebihan

Janganlah Berlebihan

Janganlah Berlebihan

Dalam membuat strategi marketing di Instagram, cobalah untuk memerhatikan beberapa hal terkait keseimbangan dalam membuat konten.

Pertama, pastikan bahwa sahabat telah melakukan posting pada waktu-waktu yang tepat serta dalam jumlah yang tepat. Jangan sampai sahabat memenuhi beranda pengikut karena hal tersebut dapat membuat pengikut menjadi kurang nyaman dengan keberadaan akun milik sahabat. Cobalah dengan melakukan posting sebanyak 2 kali sehari, baru kemudian sahabat perhatikan kecenderungan pengikut sahabat melalui analytical tools yang disediakan oleh instagram.

Perlu sahabat ingat bahwa tidak akan ada spot ideal yang dapat bertahan selamanya. Semakin banyak pengikut kita, semakin penting pula bagi kita untuk mengikuti perkembangan dan minat pengikut kita.

7. Bangun Ikatan yang Baik dengan Pengikut Akun Anda

Bangun Ikatan yang Baik dengan Pengikut Akun Anda

Bangun Ikatan yang Baik dengan Pengikut Akun Anda

Tips terakhir untuk meningkatkan brand awareness sahabat adalah tips yang berhubungan dengan ikatan sahabat dengan pengikut akun sahabat, yaitu mengenai interaksi sahabat sebagai pemegang akun, dengan para pengikut sahabat.

Seperti platfrom media sosial lainnya, di Instagram pun sahabat harus memastikan bahwa sahabat telah secara konsisten berinteraksi dengan para pengikut akun sahabat. Dikutip dari socialmediatoday.com, para pengikut akun instagram kita sebenarnya sangat menyenangi apabila akun yang mereka ikuti sangat humanis. Tidak hanya itu, mereka juga ternyata tertarik untuk sedikit mengintip proses pembuatan ataupun proses dibalik layar dari brand yang sahabat miliki.

Membangun ikatan dengan pengikut akun bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja menanyakan pertanyaan di dalam akun sahabat, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pengikut akun, ataupun mengadakan perlombaan. Perlombaan merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Dengan mencantumkan bahwa mengikuti akun sebagai salah satu syarat perlombaan saja, traffic dari akun sahabat akan bertambah dengan pesat.

Demikian ketujuh tips yang dapat sahabat terapkan dalam mengelola akun instagram milik sahabat, baik ketika sahabat meruapakan sebagai pemegang sebuah brand, endorser, akun perusahaan, atau lainnya. Instagram memang dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk membidik sasaran pasar, oleh karena itu ketujuh tips diatas dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi yang tepat dalam mengelola akun instagram bisnis milik sahabat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, silahkan di share ya. ^__^

Pin It on Pinterest

Share This