Bagi pebisnis muslim yang mengikuti jejak Nabi Saw. dengan berdagang, jangan hanya fokus pada usaha meningkatkan omzet penjualan. Coba dibarengi dengan doa dan tawakal pada Allah semata. Selain itu, ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan agar dagangan cepat laris. Apa saja ya? Mari simak di artikel ini.

Ada 5 amalan yang bisa dilakukan para pebisnis muslim, agar dagangannya cepat laris. Di antaranya yaitu:

1) Tawasul dengan Membaca Ayat Al-Quran
Seorang ustaz mendapatkan pertanyaan ketika berceramah. Pertanyaan yang diajukkan jamaah yang datang ialah, “Apa amalan agar dagangan cepat laris?” Beliau menjawab bahwa sebaiknya orang-orang jangan pernah sekali pun meminta bantuan kepada jin atau setan agar dagangannya bisa laris.

Salah satu amalan agar dagangan laris adalah membaca sejumlah ayat Al-Quran sebelum membuka toko. Anda bisa membaca Al Fatihah 1 kali, Al Ikhlas 3 kali, juga Ayat Kursi 1 kali.

Menurut ustaz, hal ini diperbolehkan dalam Islam. Inilah yang disebut dengan tawasul. Makna dari tawasul sendiri adalah mengambil wasilah agar ibadah atau doa bisa dikabulkan. Tawasul sendiri ada beberapa jenis. Misalnya dengan melakukan amal saleh seperti membaca ayat-ayat Al-Quran.

2) Taubat itu Memperbanyak Harta
Perhatikan ayat dalam Al-Quran. Jika Anda memohon ampun pada Allah, niscaya hal tersebut bisa memperbanyak harta. Bahkan ayat tentang taubat ini bukan hanya menyebutkan tentang harta benda. Namun, perbuatan tersebut mampu memperbanyak bentuk rezeki lainnya, di luar materi semata.

Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu,’” (QS Nuh : 10-12)

3) Perbanyak Istigfar
Amalan taubat bisa dilakukan dengan memperbanyak mengucap istigfar. Menurut Hasan Al Basri memperbanyak istigfar adalah salah satu amalan agar dagangan cepat laris.

Contohnya ada orang yang mengeluh tentang kemiskinan. Ada pula yang berkeluh kesah tentang rumah tangganya yang masih belum juga diberi keturunan. Dari semua permasalahan tersebut, Hasan Al Basri hanya menyarankan untuk memperbanyak istigfar.

Sebagai muslim, Anda paham bahwa istigfar berarti memohon ampunan pada Allah Swt. Dengan terus memohon ampunan, maka dosa-dosa bisa berkurang dan rezeki lebih mudah datang.

Barangkali Anda pernah mendengar bahwa maksiat bisa menghambat rezeki. Maka solusi dari masalah ini adalah segera bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah Swt.

Baca juga : Ini Dia Rahasia Nikmat Sehat dalam Gerakan Salat

4) Meminta Langsung pada Allah
Amalan selanjutnya yang membuat dagangan laris adalah berserah diri. Dan mintalah agar semua masalah bisnis teratasi, langsung pada yang Maha Kuasa. Allah Swt. yang memiliki segala harta benda di muka bumi ini. Maka dekatilah Dia dan langsung meminta kepada-Nya.

5) Sedekah dan Berbuat Baik Meski dalam Keadaan Sulit
Cobalah rutin bersedekah dan berbuat baik kepada siapa saja. Kebiasaan ini bukan hanya saat Anda mampu atau saat sedang berlebih dalam harta. Bahkan ketika sedang kesusahan, teruskan berbuat baik. Anggap saja itu sebuah kewajiban. Ingat, kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas, akan berbalik dan memberikan keuntungan. Bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat kelak.

Itulah 5 amalan yang bisa diterapkan oleh pebisnis muslim, termasuk Anda. Jadi tunggu apalagi, mari terapkan!

Pin It on Pinterest

Share This