10 Tips agar Aktivitas Ramadan Lebih Bermakna di Tahun Ini – Tak terasa bulan suci Ramadan di depan mata. Selama sebulan penuh, umat muslim menjalani puasa dan menjaga hawa nafsunya. Bulan Ramadan ini menjadi momentum untuk memperbaiki diri. Nah, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjadikan aktivitas Ramadan tahun ini lebih bermakna. Cek tipsnya, yuk.

Ini dia 10 tips agar aktivitas Ramadan jadi lebih bermakna, di antaranya:

  1. Jauhkan Smartphone Saat Beribadah

Saat beribadah, akan lebih baik jika kamu menyimpan smartphone di dalam kamar. Harapannya agar kamu lebih khusyuk dan tidak terganggu dengan ponselmu. Apalagi di bulan ini, semua pahala ibadahmu akan berlipat ganda jika dilakukan dengan benar.

  1. Manfaatkan Waktu Berdoa Setelah Selesai Shalat

Selepas salat, manfaatkan waktu untuk berdoa meminta ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT, karena pada saat inilah Allah mendengarkan semua permintaanmu. Dan disarankan tidak membawa smartphone saat beribadah. Baik saat melaksanakan salat wajib di rumah, maupun ketika salat Tarawih di masjid.

  1. Berlebihan dalam Menggunakan Sosial Media

Maksud berlebihan di sini adalah jangan terlampau sering update untuk membagikan aktivitas ibadahmu di sosial media, karena akan mengurangi pahala Ibadahmu. Walau niatmu hanya ingin membagikan cerita, namun khawatir riya sehingga bisa mengurangi pahala Ibadah kamu.

  1. Atur Waktu Berbuka Puasa

Buka bersama teman memang sangat mengasyikkan. Namun, kegiatan ini seringkali membuat lupa dengan ibadah. Alangkah baiknya saat berbuka puasa memilih tempat makan yang dekat dengan masjid atau mushola yang luas, agar ibadahmu tidak terganggu.

  1. Mengaji Di sela Kegiatan

Selain mengerjakan salat wajib dengan tepat waktu, mengaji di sela kegiatan bisa menjadi kegiatan rutin di bulan Ramadan ini. Ibadah menjadi lebih bermakna. Mengaji merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh umat muslim selain salat. Terutama di bulan Ramadan ini sebagai momen terbaik bagimu, agar lebih memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

  1. Jaga Cara Berpakaian agar Tak Terlalu Terbuka

Bukan hanya perilaku yang harus dijaga, tetapi cara berpakaian juga perlu diperhatikan. Apalagi bagi kaum wanita memang dianjurkan untuk menutup auratnya dalam syariat Islam. Maka, gunakan kesempatan di bulan ini menjadi momen perubahan agar berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  1. Dilarang Bergosip

Bergosip atau membicarakan orang lain, bisa mengurangi amalan puasa. Hindari membicarakan keburukan orang lain saat sedang berkumpul dengan teman. Gunakan waktu berkumpul kalian dengan mengaji dan melakukan kegiatan positif lainnya.

  1. Hindari Terlalu Banyak Tidur

Tidurnya orang yang sedang puasa adalah ibadah. Namun bukan berarti orang yang sedang berpuasa harus tidur seharian, karena bisa mengurangi pahala puasa. Seharusnya puasa itu bisa diisi dengan kegiatan bermanfaat yang bisa mendekatkan diri dengan Allah SWT. Contohnya seperti mengaji atau menghafal Al-Quran.

  1. Jangan Lapar Mata Saat Buka Puasa

Selepas azan Magrib berkumandang, kadang lupa untuk menjaga hawa nafsu. Akibat lapar, camilan atau kuliner apapun dibeli. Semua jajanan yang tersaji di depan mata dibeli untuk hidangan berbuka puasa. Namun seringnya, semua makanan yang dibeli jadi tidak termakan, karena terlalu kekenyangan.

  1. Saling Menghargai Perasaan

Puasa itu antara kita dengan Allah SWT, jadi jangan terlalu ‘heboh’ bila beberapa rumah makan tetap beroperasi di siang hari. Karena di Indonesia ini walau mayoritas muslim, ada pula non muslim atau mereka yang berhalangan puasa dan dibenarkan syariat. Jadi hargailah satu sama lain.

Nah, menjadikan Ramadan lebih bermakna tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Jika semua menjalani ibadah puasa dengan bersungguh-sungguh, insya Allah akan dimudahkan oleh Allah SWT. Selamat menunaikan ibadah puasa, ya

Pin It on Pinterest

Share This