10 Manfaat Tidur Siang Singkat (Power Nap) saat Berpuasa – Saat menjalankan ibadah puasa, Anda akan mengalami dua perubahan besar dalam hidup. Pertama adalah pola makan. Ketika berpuasa Anda hanya bisa makan dan minum saat sahur dan berbuka puasa. Mulai dari azan Subuh hingga azan Magrib, harus menahan lapar dan dahaga.

Perubahan kedua adalah pola tidur. Biasanya manusia tidur sebanyak 6-8 jam sehari. Saat berpuasa orang tidur sebanyak 5-6 jam sehari. Kadang bisa juga tidur kurang dari 5-6 jam, karena harus memperbanyak ibadah.

Perubahan pola makan dan tidur ini akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Anda menjadi sering lemas dan mengantuk pada siang hari. Nah, untuk mengatasi perubahan di bulan puasa ini disarankan untuk tidur siang singkat atau Power Nap.

Dengan tidur siang singkat ada 10 manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya:

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Barangkali Anda tidak akan merasa cukup tidur selama 30 menit. Namun, itu bisa menyehatkan jantung kita. Beberapa penelitian menunjukkan kalau tidur singkat yang berkualitas bisa memberikan manfaat bagi jantung.

  1. Menambah Fokus saat Bekerja

Tidur singkat ketika berpuasa Ramadan sangat bermanfaat untuk menambah konsentrasi saat bekerja. Biasanya saat siang kita sering gagal fokus, karena tubuh merasa lemas dan mulai mengalami dehidrasi. Cara agar kondisi tubuh kembali normal, sebaiknya ambil waktu untuk tidur siang sebanyak 15-30 menit.

  1. Menghilangkan Stres

Tekanan yang terjadi saat menjalankan ibadah puasa biasanya akan lebih besar, karena apa yang dikerjakan terasa lebih sulit. Kondisi ini membuat Anda stres, sehingga pekerjaan yang dilakukan jadi makin sulit. Maka, agar stres yang menyebabkan gangguan pada tubuh hilang, cobalah untuk tidur siang singkat.

  1. Memperbaiki Mood yang Rusak

Saat sedang lapar Anda akan mudah sekali mengalami perubahaan mood. Apabila ada sesuatu yang janggal dan tidak sesuai dengan keinginan, rasa kesal dan marah kerap muncul. Selain itu, perasaan jadi lebih sensitif, sehingga apa saja terasa serba salah.  Jika mengalami perubahan mood salah satu cara menghilangkannya adalah dengan tidur siang singkat. Manfaatkan 15-30 menit untuk tidur, dan dapatkan kesegaran serta mood yang lebih baik.

  1. Tidak Mudah Terkena Flu

Tidur siang secara singkat selama 15-30 menit bisa meningkatkan imunitas tubuh. Saat puasa, biasanya orang cenderung mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk. Flu akan mudah menyerang tubuh yang lemas atau kurang asupan energi.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Ketika menjalani ibadah puasa terkadang Anda sering kehabisan ide, karena tubuh merasa lapar dan cenderung lemas. Apabila kemampuan memunculkan ide terganggu, cobalah untuk tidur siang sejenak.

  1. Meningkatan Kekuatan Fisik

Manfaat tidur siang dapat menyegarkan dan mengembalikan semangat saat berpuasa. Sehingga Anda masih bisa menjalankan aktivitas ibadah puasa dengan baik.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut penelitian dari University of Chicago, jika manusia tidak mendapatkan cukup tidur maka dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Para peneliti mengatakan mereka yang kurang tidur, harus dapat mengatasinya dengan tidur siang lebih banyak.

  1. Membantu Mencegah Alzheimer

Menurut penelitian dari John Hopkins University, kurang tidur dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Menurut para peneliti, saat Anda tidur, otak pada dasarnya akan mengurus dirinya sendiri. Contohnya seperti meningkatkan kreativitas dan sebagainya. Jadi bila cukup tidur memungkinkan untuk mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Mencegah Penambahan Berat Badan

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Stanford, semakin sedikit tidur, semakin besar kemungkinan Anda menambah berat badan. Jadi, manfaat tidur siang saat puasa bisa mencegah penambahan berat badan.

Itulah 10 manfaat tidur siang singkat saat menjalankan ibadah puasa, yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Pin It on Pinterest

Share This