Lima Tips Jadi Istri Teladan dari Ummul Mukminin Khadijah – Ummul Mukminin Khadijah adalah perempuan terbaik di dunia pada masanya. Maka sebagai muslimah patut mengikuti dan meneladani sifatnya, agar mampu menjadi perempuan terbaik bagi suami dan keluarganya. Yuk, ikuti lima tips di bawah ini agar muslimah di dunia mengikuti teladan dari Khadijah radiallahu anhu.

Di antara sifat kebaikannya itu, telah dirangkum 5 tips yang bisa diikuti untuk menjadi istri terbaik bagi suaminya, antara lain:

  1. Senantiasa Mendukung Gagasan dan Tindakan Baik Suaminya

Ketika Rasulullah Saw. niat beribadah di Gua Hira’ agar lebih berkonsentrasi dan tidak terganggu dengan hiruk pikuk dunia, Ummul Mukminin Khadijah mendukungnya dengan menyiapkan semua keperluan suaminya. Bahkan dia menjenguk suaminya untuk memberi motivasi dan membawakan bekal makanan untuknya.

Jibril mendatangi Rasulullah Saw. yang sedang berada di gua Hira’ seraya berkata, ‘Ini Khadijah telah datang dengan membawa bubur Haisa di bejana lontarnya. Katakanlah kepadanya bahwa Allah telah berkirim salam untuknya.’ Ketika Khadijah datang, Rasulullah Saw. bersabda kepadanya, ‘Sesungguhnya Jibril memberitahukan kepadaku tentang kedatanganmu dan bubur Haisa yang ada di bejana lontarmu sebelum kamu datang ke sini. Jibril berkata bahwa Allah berkirim salam kepadamu.’ Khadijah menjawab, ‘Allah Maha Sejahtera dan dari-Nya datang kesejahteraan dan semoga kesejahteraan tercurah kepada Jibril.” (HR Ath Thabrani)

  1. Senantiasa Memberikan Motivasi kepada Suaminya

Ketika mengalami ketakutan sepulang dari Gua Hira’, Rasulullah Saw. meminta kepada Khadijah untuk menyelimutinya. Setelah itu, beliau bercerita, “Sesungguhnya aku telah mendengar suara dan melihat cahaya. Aku khawatir akan mengalami kegilaan.” Namun, dengan tenang Khadijah berkata,

Sekali-kali tidak! Bergembiralah! Demi Allah, Allah tidak akan mengkhianatimu untuk selama-lamanya. Sungguh engkau adalah orang yang senantiasa menyambung silaturrahim, jujur dalam berbicara, memikul beban orang lain, membantu orang miskin, memuliakan tamu, dan menolong orang-orang yang terkena musibah.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Mengajak Suami Berkonsultasi kepada Ahlinya

Ummul Mukminin Khadijah tidak hanya memberikan motivasi, tetapi juga mengajak Rasulullah Saw. untuk berkonsultasi kepada ahlinya, agar mendapat penjelasan yang gamblang mengenai permasalahan yang sedang dihadapinya.

Khadijah membawa beliau ke tempat Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul Uzza, lalu Waraqah berkata kepada beliau, ‘Itu adalah Jibril yang pernah datang kepada Musa as. Andai aku masih muda, andai aku masih hidup ketika kaummu mengusirmu.’ Rasulullah Saw. bertanya, ‘Apakah mereka mengusirku?’ Waraqah menjawab, ‘Ya. Tidak ada seorang pun yang datang dengan membawa apa yang engkau bawa melainkan dia akan dimusuhi. Seandainya aku hidup pada zamanmu niscaya aku akan menolongmu dengan pertolongan yang optimal.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Memberikan Dukungan secara Total terhadap Perjuangan Suaminya

Setelah suaminya diangkat menjadi Rasul Allah, Khadijah senantiasa memberikan dukungan dan pembelaan yang tidak akan pernah terlupakan.

Aisyah ra. menuturkan, “Ketika bercerita tentang Khadijah, Rasulullah Saw. selalu menyanjung-nyangjungnya setinggi langit.pada suatu hari aku merasa cemburu sehingga aku berkata, ‘Alangkah seringnya engkau menyebut-nyebut wanita yang keriput dan ompong. Sungguh Allah Azza wa Jalla telah menggantikannya untukmu dengan wanita yang lebih baik darinya.’ Beliau menjawab, ‘Allah Azza wa Jalla tidak menggantikannya untukku dengan wanita yang lebih baik darinya. Dia telah beriman kepadaku ketika orang-orang mengingkariku. Dia membenarkanku ketika orang-orang mendustakanku. Dia menolongku dengan hartanya ketika orang-orang mengharamkan hartanya untukku. Allah Azza wa Jalla menganugerahkan kepadaku putra-putrinya dan enggan menganugerahkan kepadaku putra-putri dan istri-istriku yang lain.’” (HR Ahmad)

  1. Melakukan Apa Pun yang Terbaik untuk Suaminya

Khadijah telah melakukan semua kebaikan yang mampu dilakukannya untuk melayani Rasulullah Saw. sehingga beliau selalu mengenang kebaikan-kebaikannya sepanjang hidup.

Aisyah ra. menuturkan, “Aku tidak pernah merasa cemburu kepada salah seorang istri Rasulullah Saw. kecuali Khadijah. Aku belum pernah melihatnya, akan tetapi Rasulullah Saw. sering menyebut-nyebutnya. Kadang beliau menyembelih seekor kambing, lalu memotong-motongnya kemudian mengirimkannya kepada sahabat-sahabat Khadijah. Pada saat itu, aku berkata kepada beliau, ‘Seakan-akan di dunia ini tidak ada wanita selain Khadijah.’ Beliau pun berkata, ‘Ia dulu adalah wanita yang begini dan begitu dan darinya aku memiliki anak-anak.’” (HR Bukhari)

Khadijah telah melakukan yang terbaik bagi suaminya, sehingga dikenang sebagai perempuan terbaik di dunia. Dan akan tetap menjadi yang terbaik di akhirat kelak.

Rasulullah Saw. bersabda, “Wanita ahli surga yang paling utama adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Aisyah binti Muzahim istri Fir’aun, dan Maryam binti Imran. Semoga Allah meridhai mereka semuanya.” (HR Ahmad)

Demikianlah 5 tips yang bisa diikuti oleh muslimah, agar menjadi istri teladan di zaman sekarang. Semoga kelak kita termasuk yang dikumpulkan di surga Allah SWT bersama Ummul Mukminin Khadijah, aamiin.

Pin It on Pinterest

Share This