sygmainnovation.comTips agar Hijabers Tetap Enjoy dengan Aktivitas Traveling – Menjadi seorang traveler merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk para hijabers. Hijab bukanlah hambatan bagi mereka yang memiliki jiwa bertualang. Namun ada beberapa tips yang dapat diterapkan oleh para hijabers agar tetap enjoy dengan aktivitas traveling yang dilakukan.

  1. Lebih Baik Pergi Bersama Teman-Teman Perempuan

Akan lebih baik jika muslimah pergi traveling dengan sesama perempuan. Namun, jika sudah menikah, malah lebih bagus pergi bersama suami. Disini ditekankan agar seorang muslimah menghindari pergi traveling berdua dengan laki-laki yang bukan suami dan keluarganya. Kalaupun ada teman laki-laki yang ikut pergi bersama tidak menjadi masalah asalkan ada beberapa teman perempuan yang ikut pergi dan tetap menjaga jarak antara laki-laki dan perempuan seperti dalam urusan tempat tidur, mandi, dan sebagainya.

Selain itu, usahakan pergi dengan berkelompok misalnya dengan mengajak 3-8 orang teman. Hal ini akan membuat traveling menjadi lebih seru dan aman karena satu sama lain dapat saling menjaga jika terjadi sesuatu di luar dugaan seperti sakit saat perjalanan.

  1. Pastikan Destinasi Traveling Bersahabat

Pastikan bahwa destinasi yang menjadi tujuan traveling  merupakan tempat yang aman, tidak rawan kejahatan, dan tidak dalam situasi genting seperti sedang ada konflik atau bencana. Selain itu, pastikan pula bahwa budaya yang berkembang di sana tidak menghalangimu dalam melakukan ibadah. Lengkapi informasimu mengenai tempat tujuan traveling dengan daftar hotel, restoran halal, dan lokasi masjid atau mushola yang dapat digunakan untuk beribadah. Beberapa aplikasi gratis yang ada dapat menjadi andalanmu dalam mengumpulkan informasi-informasi tersebut.

  1. Membuat Daftar Barang yang Perlu Dibawa

Membuat daftar barang yang perlu dibawa akan sangat membantu dalam urusan packing. Pembuatan list ini dapat didasarkan pada lamanya waktu traveling, situasi dan kondisi lokasi traveling, serta kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama traveling. 

  1. Menyortir Pakaian yang Akan Dibawa

Dalam memilah dan memilih pakaian yang akan dibawa, pastikan pakaian yang dibawa adalah pakaian yang mudah untuk dipadu-padankan dan mudah kering setelah dicuci. Hal ini akan membuat pakaian yang akan dibawa menjadi lebih ringkas dan tentunya menghemat space barang bawaan. Hindari membawa baju yang terlalu tebal kecuali kamu benar-benar membutuhkannya, karena jenis baju ini akan memakan banyak tempat di carrier atau kopermu. Jika berenang menjadi salah satu agenda dalam travelingmu, hindari membawa baju renang dengan bahan jersey karena bahan tersebut cenderung berat dan sulit kering. Baju renang dengan bahan spandex dapat menjadi alternatif ketika kamu memang berencana untuk berenang saat berwisata.

Untuk urusan hijab, kerudung bolak-balik dapat menjadi alternatif solusi agar barang bawaanmu tidak menumpuk. Selain itu bawalah kerudung dengan bahan paris atau bahan ringan lainnya yang simple untuk digunakan. Hindari membawa pashmina terlalu banyak karena penggunaan pashmina lebih ribet dibandingkan dengan kerudung biasa. Penggunaan pashmina rata-rata membutuhkan banyak peniti dan jarum pentul. Hal ini akan sangat mengganggu ketika selama perjalanan kamu malah sibuk membenahi pashmina dan jarum-jarum pentulmu.

  1. Membawa Perlengkapan Ibadah

Barang utama yang perlu dibawa selain pakaian adalah perlengkapan ibadah. Mukena berbahan parasut atau abutai, lebih mudah dibawa karena tipis dan ringan. Tidak lupa, bawalah sajadah yang kecil atau yang tipis. Beberapa lokasi wisata kadang tidak menyediakan tempat dan peralatan sholat. Jika kamu membawa perlengkapan ibadah sendiri, kamu bisa langsung sholat dimana pun berada. Tinggal berwudhu dan mencari tempat yang tenang serta suci dari najis.

  1. Bawa Perlengkapan P3K

Membawa beberapa perkengkapan P3K merupakan sebuah keharusan. Hal ini sebagai tindakan pencegahan dan berjaga-jaga. Terlebih kalau kamu pergi traveling ke wilayah yang jauh dari keramaian seperti pegunungan. Kadang  untuk lokasi wisata yang jauh dari pemukiman, tidak selalu ada yang menjual perlengkapan P3K. Bawa pula obat pribadi untuk berjaga-jaga. Tak ada salahnya mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan.

  1. Pastikan Budget yang Dibawa Cukup

Buatlah estimasi biaya dan jangan lupa cantumkan pula biaya tak terduga dalam estimasi tersebut. Biaya tak terduga dibutuhkan sebagai uang cadangan karena terkadang estimasi transportasi, biaya masuk ke tempat wisata dan penginapan bisa berubah. Pintar-pintarlah mengatur uang selama di tempat wisata. Jangan sampai kehabisan uang untuk hal-hal yang kurang penting.

  1. Menjaga Sikap dan Tutur Kata

Kapan dan dimana pun kita dituntut untuk selalu bisa menjaga sikap dan waspada. Jika kita berlaku tidak etis dan kurang sopan di wilayah orang, orang bisa marah dan melakukan sesuatu yang mungkin bisa merugikan kita baik secara fisik, mental maupun finansial.

  1. Menyediakan Ruang Kosong untuk Souvenir

Sediakan ruang kosong untuk souvenir di koper atau carrier yang akan kita bawa untuk traveling. Kadang-kadang ketika kita berjalan-jalan di suatu tempat, kita seringkali menemukan kaos lucu, aksesoris yang tidak biasa, sendal etnik yang lucu. Daripada menyesal tidak membeli souvenir karena alasan tidak muat di koper atau carrier, lebih baik sediakan ruang kosong yang bisa memuat suvenir tersebut bukan?

  1. Jangan Lupakan Payung dan Pelindung Hujan Lainnya

Ini penting apalagi jika kamu melakukan perjalanan di tengah musim pancaroba atau musim hujan sekalipun. Payung, jas hujan, ataupun rain cover dapat melindungimu dan barang bawaanmu dari terjangan hujan. Jangan karena hujan dan tidak melakukan persiapan membuat aktivitas traveling yang kamu lakukan menjadi berantakan, ya!

  1. Gunakan Sepatu yang Nyaman dan Jangan Lupa Membawa Sendal

Gunakan sepatu yang nyaman digunakan untuk waktu yang lama bahkan jika digunakan untuk berjalan untuk waktu yang lama sekalipun. Rubber shoes dapat menjadi solusi bagi kamu yang mendambakan kenyamanan selama travelling. Selain mudah dibersihkan dan mudah kering setelah dicuci, sepatu dengan bahan rubber shoes juga nyaman digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Jangan lupa membawa sendal saat traveling. Bawalah sendal yang ringan dan praktis untuk dibawa-bawa, misalnya sendal jepit atau sendal hotel. Sendal hotel yang tipis  dapat menjadi penyelamat ketika sepatu utamamu basah atau kotor. Selain itu sendal hotel juga berguna ketika kamu perlu berjalan cukup jauh dari tempat wudhu menuju tempat shalat.

Pin It on Pinterest

Share This