Pst, Kepribadian Bisa Dilihat dari Foto Profil di Akun Medsos, Cek Yuk! – Tahukah Anda bahwa menurut data ada lebih dari 1,65 miliar pengguna aktif di Facebook. Tentu masing-masing dari mereka mayoritas memasang foto profil. Oya, kepribadian seseorang bisa dilihat loh dari foto profilnya di akun media sosial. Ingin tahu lebih lanjut? Cek segera, yuk!

Foto profil telah menjadi satu bagian dari Facebook yang paling banyak disorot oleh penggunanya. Dan mengganti foto profil seolah menjadi tren baru yang perlu mendapat perhatian khusus.

Pengguna Facebook percaya bahwa foto profil dapat menjadi daya tarik meraih banyak teman di platform media sosial tersebut. Bahkan jika diperhatikan, foto profil bisa menggambarkan sifat atau karakteristik pengguna media sosial yang dipakai. Misalnya seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Maka, untuk mencari tahu sifat atau karakteristik pengguna media sosial, tim peneliti melakukan analisis terhadap puluhan ribu akun Twitter. Mereka menganalisis 66.000 cuitan pengguna Twitter serta melakukan survei ke sekitar 434 akun media sosial lainnya. Temuan survei serta cuitan itu kemudian dirujuk silang dengan foto profil pengguna media sosialnya.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang sifat atau karakteristik mereka. Penelitian terhadap sifat atau karakteristik foto profil pengguna media sosial ini dilakukan oleh University of Pennsylvania di Amerika Serikat.

Hasil penelitian tersebut dirilis dalam makalah berjudul “Menganisis Kepribadian melalui Pilihan Foto Profil Media Sosial”. Hasil survei-nya ternyata cukup menarik, simak ya:

  1. Ekstrover

Pengguna dengan kepribadian ini memiliki ciri terbuka terhadap lingkungan sekitarnya. Ekstrover memasang foto profil yang ceria dan penuh warna. Foto profil pengguna ekstrover sering terlihat bersama orang lain.

Namun, meski terlihat ceria, foto profil mereka yang ekstrover berkualitas rendah. Selain itu, kepribadian ekstrover suka memasang foto wajah yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

  1. Neurotik

Neurotik adalah pribadi yang cenderung merespon sesuatu dengan emosi negatif. Contohnya seperti rasa cemas dan frustasi. Demikian juga yang terjadi pada pengguna media sosial yang neurotik.

Berbeda dengan ekstrover, neurotik suka memasang foto profil yang kurang ceria dengan emosi warna yang negatif.  Dan karena sering diasosiasikan dengan pengalaman emosi yang negatif dan tidak stabil, neurotik suka menutup wajahnya dengan benda atau hewan untuk mengalihkan perhatian.

  1. Keterbukaan

Menurut penelitian, mereka yang beruntung masuk dalam kategori ini akan memasang foto terbaik. Namun, mereka juga kemungkinan besar memiliki foto yang kurang berwarna dan menampilkan lebih banyak emosi negatif.

Pengguna medsos dengan kepribadian ini memiliki kesamaan dengan neurotik, yaitu suka menggunakan atau bersembunyi di balik ‘kacamata baca’. Meskipun ‘keterbukaan’ mereka berkaitan dengan hal positif, seperti kecerdasan dan pengalaman.

  1. Ramah Tamah

Nah, uniknya mereka yang ditemukan memiliki kepribadian menyenangkan menggunakan foto profil yang cerah dan penuh warna. Ini adalah sifat yang dibentuk oleh ‘harmoni’ sosial dan ‘kerjasama’. Maka, pengguna dengan sifat ini cenderung memasang foto profil dengan keikutsertaan orang lain di dalamnya.

Tapi, meski fotonya penuh senyuman, kegembiraan dan nilai-nilai positif, mereka tak selalu memiliki kepribadian yang fleksibel atau luwes. Jika ingin beramah tamah dengan mereka padahal belum terlalu kenal dekat, pahami jika mereka kadang sedikit kaku, ya.

  1. Teliti

Pengguna medsos dengan kepribadian ini tergolong memiliki sifat yang teliti.  Teliti adalah kepribadian yang terkait dengan keteraturan, perilaku yang penuh rencana, dan disiplin diri. Dengan konsep tersebut, foto profil pemilik sifat ini sering ditandai oleh tampilan ‘wajah yang baik’. Foto mereka lebih berwarna, alami dan cerah daripada kepribadian lainnya.

Meski terlihat paling ekspresif, pemilik sifat teliti menampilkan senyuman yang tulus dan gembira. Hal ini karena mereka ‘diharapkan’ terlihat bahagia dalam foto profil mereka.

Nah, itulah lima kepribadian pengguna media sosial jika dilihat dari foto profil mereka. Jadi, termasuk kategori manakah Anda?

Pin It on Pinterest

Share This