sygmainnovation.com – Kebiasaan yang Dilakukan dalam 5 Menit Ini Dapat Mengubah Hidup Anda – Setiap hari, kita dibombardir oleh gangguan-gangguan yang dapat mengalihkan perhatian kita dari sesuatu yang harusnya dilakukan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada hidup kita. Oleh karena itulah diperlukan kemampuan untuk meminimalisir gangguan tersebut dan fokus terhadap hal-hal yang seharusnya dilakukan sehingga kita menjadi produktif.

Ketika Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda harus produktif dan berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup Anda, ada kebiasaan yang dapat dilakukan dalam waktu 5 menit yang membantu Anda untuk mencapai kedua hal tersebut. Bagaimana caranya? Dengan menulis jadwal kegiatan harian anda.

Meluangkan waktu hari ini selama 5 menit untuk menulis jadwal Anda di hari berikutnya dapat membantu Anda untuk berfokus pada tujuan Anda, sehingga waktu yang terbuang untuk kegiatan tidak penting dapat berkurang dan Anda pun bisa memastikan bahwa Anda menghabiskan waktu Anda untuk melakukan hal-hal penting.

Kebiasaan yang Dilakukan dalam 5 Menit Ini Dapat Mengubah Hidup Anda

Dilansir dari lifehack.org berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan kemampuan dalam menulis jadwal kegiatan harian Anda sehingga pribadi produktif melekat pada diri Anda.

  1. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang anda senangi

Setiap hari, luangkan waktu untuk melakukan hal yang anda senangi, bahkan jika hanya 5 menit. Ketika anda meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat membuat anda senang, hidup Anda dapat berubah, begitu pula dengan orang-orang di sekitar Anda.

  1. Pastikan anda melakukan hal-hal yang menjadi prioritas utama hidup Anda

Menulis jadwal harian dapat membantu Anda untuk fokus pada hal-hal yang memang penting dalam hidup Anda. Ketika And menulis jadwal Anda, pastikan bahwa hal-hal yang Anda lakukan adalah hal-hal yang menjadi prioritas hidup Anda. Jika Anda menemukan bahwa seiring berjalannya waktu, anda menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting, saatnya mengevaluasi diri Anda. Menulis jadwal secara konsisten dapat membuat Anda mengetahui apakah Anda sudah hidup pada hal-hal yang menjadi prioritas Anda atau belum. Jujurlah pada diri Anda sendiri dalam menentukan apa yang menjadi prioritas dalam hidup Anda, dan evaluasi kembali hidup dan jadwal yang sudah Anda buat sehingga Anda benar-benar “hidup” untuk hal-hal yang menjadi prioritas Anda.

  1. Kelompokkan tugas yang bisa dikerjakan dalam waktu bersamaan

Ketika menulis jadwal harian, tentukan tugas-tugas yang bisa Anda kerjakan dalam waktu bersamaan -atau paling tidak berdekatan- di lokasi yang sama. Hal ini dapat membantu Anda meminimalisir waktu yang terbuang untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainya. Mengelompokkan tugas dengan teknik seperti ini dapat membantu Anda menjadi lebih produktif.

  1. Berikan deadline untuk diri Anda

Deadline membantu Anda untuk meningkatkan effort dalam melakukan sesuatu secara signifikan. Tulislah jadwal harian Anda, kemudian berikan batas waktu pengerjaan pada tugas-tugas Anda. Dengan adanya batas waktu atau deadline Anda akan merasa terpacu untuk mengerjakan tugas sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Hal ini membantu Anda terhindar dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dan segera melakukan tindakan. Salah satu cara memaksimalkan penggunaan deadline adalah dengan teknik Podomoro. Teknik yang sangat sederhana ini secara signifikan membantu Anda untuk fokus mengerjakan satu tugas selama waktu yang telah ditentukan.

  1. Bagilah tujuan besar anda ke dalam langkah-langkah kecil yang dapat Anda cicil setiap hari

Agar progres pencapaian tujuan Anda terpantau, buatlah komitmen untuk mengambil langkah kecil yang dapat Anda lakukan setiap hari. Tulis setiap langkah yang Anda lakukan setiap hari yang membuat Anda semakin dekat dengan tujuan besar Anda.

Semoga strategi manajemen waktu ini dapat membantu mengubah hidup Anda untuk menjadi pribadi yang lebih produktif. Ketika Anda melatih kebiasaan menulis jadwal harian (dan Anda berkomitmen mematuhi jadwal tersebut), bukan hal yang mustahil perubahan akan terjadi dalam hidup Anda.

Pin It on Pinterest

Share This