sygmainnovation.comIni 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Menunaikan Shalat Sunnah Rawatib – Terkadang kita menyepelekan amalan sunnah karena merasa sudah cukup baik dalam mengamalkan amalan wajib. Mungkin pula hal ini terjadi karena kita merasa amalan sunnah tidak akan membuat kita berdosa apabila tidak dikerjakan. Padahal ada banyak manfaat yang dapat kita petik jika kita mengerjakan amalan sunnah, disamping mendapat pahala. Shalat sunnah rawatib termasuk dalam amalan sunnah, yang ternyata membawa banyak manfaat bagi yang mengerjakannya. Aoa saja manfaat dari shalat sunnah rawatib? Berikut ini merupakan 5 manfaat dari shalat sunnah rawatib yang dikerjakan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

  1. Menyempurnakan kekurangan shalat wajib

Shalat 5 waktu merupakan amalan wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Oleh karena itu amalan ini harus dilakukan dengan sesempurna mungkin. Namun siapa yang dapat menjamin bahwa shalat wajib yang kita lakukan sudah sempurna? Sedangkan seringkali dalam pelaksanaannya, kita masih diliputi oleh kekurangan-kekurangan seperti tidak khusyuk, terburu-buru, dan hal-hal lainnya.

Shalat sunnah rawatib dapat menutup kekurangan atau melengkapi shalat wajib sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:  “Sesungguhnya (amalan) yang pertama kali dihitung dari seorang muslim pada hari kiamat adalah shalat wajib. Apabila nilai shalat wajibnya sempurna maka sempurna pula balasannya. Namun apabila tidak sempurna maka dikatakan: Lihatlah! Apakah orang ini memiliki perhitungan shalat sunnah? Apabila ia memiliki perhitungan shalat sunnah maka kekurangan pada shalat wajibnya akan disempurnakan oleh shalat sunnahnya. Selanjutnya berlaku demikian pada seluruh amalan (ibadah) wajib lainnya.” (HR. Ibnu Majah, Abu Dawud, an-Nasa’I dan at-Tirmidzi. Hadits ini dinyatakan Shahih oleh Syaikh al-Albani rahimahullah)

Mengingat betapa besar urgensi mengamalkan shalat wajib dan bagaimana shalat sunnah rawatib mampu menyempurnakan kekurangan shalat wajib, maka hendaknya mulai saat ini manfaatkan kesempatan yang anda miliki untuk menunaikan shalat sunnah rawatib.

  1. Akan Allah buatkan istana di surga

Mungkin di dunia kita tidak memiliki istana megah sebagai tempat bernaung. Namun, bukan hal yang mustahil jika di surga kelak kita akan dibuatkan istana oleh Allah karena amalan shalat sunnah rawatib yang kita kerjakan.

 “Tidaklah seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah 12 (dua belas) raka’at karena Allah pada setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.”(Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata; “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah lagi meninggalkan shalat-shalat sunnah (rowatib) tersebut.” (HR. Muslim No. 728).

Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah 12 rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu 4 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat setelah dzuhur, 2 rakaat setelah maghrib, 2 rakaat setelah isya`, dan 2 rakaat sebelum subuh.” (HR. At-Tirmizi dan An-Nasai).

  1. Lebih baik dari dunia dan isinya

Yang dimaksud lebih baik dari dunia dan seisinya dalam hal ini adalah shalat sunnah rawatib sebelum subuh atau dikenal dengan shalat fajar.

Dari semua shalat sunnah, tak ada shalat sunnah yang paling Nabi jaga, seperti halnya nabi menjaga (untuk tidak meninggalkan) dua raka’at shalat fajar (2 raka’aat qobliyah subuh).” (Shahih Bukhori No.1169 dan Shahih Muslim No.724)

Diiriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, beliau bersabda : “2 rakaat (sebelum) subuh itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

Jika anda ingin menjadi orang kaya yang memiliki kebaikan dari dunia beserta isinya, maka tunaikanlah shalat sunnah fajar ini. Kekayaan yang dimaksud bukanlah sesuatu yang bersifat materi, melainkan kekayaan hati yang membuat anda begitu damai dan tenang menjalani hari-hari anda, yang bahkan orang kaya pun jarang merasakannya. Mengapa bisa begitu? Karena anda menemui Allah di awal hari anda, sehingga anda yakin bahwa apapun yang terjadi pada anda hari itu, Allah menjadi sebaik-baik pemberi takdir dan penolong. 

  1. Mengharamkan dari api neraka

Akhirat menjadi tempat kembali manusia setelah kehidupan dunia usai. Terdapat dua pilihan tempat kembali di akhirat yaitu, surga dan neraka. Neraka merupakan seburuk-buruk tempat kembali yang tentunya kita hindari. Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari api neraka? Yaitu dengan rajin melakukan shalat sunnah sebelum dan sesudah Dzuhur.

Dari Ummu Habibah Radhiallaahu anha, ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, ‘Barangsiapa yang menjaga empat rakaat sebelum dhuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah mengharamkannya dari api neraka.“(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan hadits ini hasan shahih)

Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Menunaikan Shalat Sunnah Rawatib

Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Menunaikan Shalat Sunnah Rawatib

  1. Mendapat rahmat dari Allah

Rahmat Allah dapat diartikan sebagai kasih sayang Allah. Bagi mereka yang mendapatkan rahmat Allah, maka sesungguhnya mereka tengah Allah berikan karunia baik berupa kenikmatakan, rezeki, kebahagiaan dan kedamaian hidup baik di dunia maupun di akhirat. Siapa yang tak ingin hidupnya bahagia dan damai dunia akhirat? Tentu semua orang ingin merasakan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Lalu, bagaimana caranya agar kita mendapatkan rahmat Allah? Salah satunya adalah dengan menunaikan shalat sunnah rawatib.

“ Dari Ibnu Umar dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Semoga Allah merahmati seseorang yang mengerjakan shalat (sunnah) empat raka’at sebelum Ashar.” (HR. Abu Daud No. 1271 dan At-Tirmizi No. 430)

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari menunaikan shalat sunnah rawatib. Hanya membutuhkan waktu yang sebentar dalam mengerjakan amalan ini, namun manfaatnya sungguh luar biasa banyak dan besar. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk menunaikan shalat sunnah rawatib dengan hati yang ikhlas dan sungguh-sungguh agar segala manfaat dari ibadah ini bisa kita dapatkan, Insya Allah.

sumber : hijabersworld.com

Pin It on Pinterest

Share This