sygmainnovation.com – Infografis 6 Tren Sosial Media 2017 yang Bisa Menjadi Peluang Peningkatan Bisnis. Meskipun banyak ketidakpastian yang mungkin saja akan datang di tahun 2017, terdapat satu area yang sangat diyakini dapat sangat berpotensi oleh para periset, yaitu area sosial media. Peningkatan jumlah pengguna facebook dan sosial media lainnya yang sangat menakjubkan pada setiap tahunnya membuat berbagai perusahaan semakin mempertimbangkan sosial media sebagai media pemasaran mereka. Bahkan, pada beberapa tahun terakhir, fakta menunjukkan bahwa pengguna iklan berbayar pada media sosial meningkat sangat tajam. Hal ini menunjukkan bahwa sosial media pada tahun 2017 ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Oleh karena itu, berikut Sygma Innovation menghadirkan 6 trend sosial media yang diprediksikan dapat menjadi peluang ataupun meningkatkan bisnis.

Infografis 6 Tren Sosial Media 2017 yang Bisa Menjadi Peluang Peningkatan Bisnis

1. AI Lenses untuk Facebook dan Instagram

AI Lenses untuk Facebook dan Instagram

AI lenses (artificial intellegence) atau lensa cerdas merupakan inovasi yang pada awalnya dicetus dan kemudian sangat viral digunakan pada aplikasi Snapchat. Kemunculan Instagram stories pada tahun 2016 menandakan bahwa memang pergerakan media sosial akan semakin menuju pada basis video. Pada tahun 2017 ini, bukan tidak mungkin bahwa AI lenses akan menjadi fitur yang dapat kita temukan di banyak media sosial khususnya Facebook dan Instagram.
Infografis yang dapat menjadi bukti peluang dari AI lenses:

Infografis AI Lenses untuk Facebook dan Instagram

Infografis AI Lenses untuk Facebook dan Instagram

2. Layanan konsumen otomatis

Layanan konsumen otomatis

Media sosial yang menawarkan berbagai kemudahan membuat para penggunanya semakin bergerak dan mengubah kebiasaan mereka. Perubahan tersebut ternyata menuntut media sosial untuk menyediakan layanan yang lebih praktis dan serba cepat terutama pada bidang jual beli yaitu layanan customer service. Customer service merupakan salah satu jalan untuk membuat ikatan dan hubungan yang baik diantara penjual dengan pembeli.
Semakin tingginya penggunaan media sosial sebagai layanan customer service menandakan bahwa akan makin banyak layanan customer service otomatis yang akan membuat konsumen dengan praktis dapat mengakses layanan konsumen.

Infografis menunjukkan data-data konkrit yang dapat jadi pertimbangan.

Infografis Layanan konsumen otomatis

Infografis Layanan konsumen otomatis

3. Iklan berbayar

Iklan berbayar

Pada tahun 2017 ini, iklan berbayar dapat menjadi peluang bisnis yang baik bagi kita. Faktanya, terkadang konten yang diposting oleh kita, hanya dapat meraih sebesar 10% pada follower halaman milik kita. Bahkan, halaman Facebook yang memiliki jutaan followerpun rata-rata hanya dapat meraih 2.27% ikatan dengan followernya.
Infografis iklan berbayar dapat menjadi salah satu peluang yang besar bagi bisnis

Infografis Iklan berbayar

Infografis Iklan berbayar

 

 

4. Fitur Analisis Statistik

Fitur Analisis Statistik

Salah satu hal yang dapat sangat menunjang perkembangan bisnis milik kita adalah data statistik. Beberapa media sosial telah menawarkan analisis statistik yang ditawarkan secara cuma-cuma. Misalnya saja adalah facebook dan instagram yang menghadirkan analisis data statistik dari pengikut laman. Data ini dapat menjadi angka yang sangat berharga bagi strategi bisnis yang harus diterapkan oleh sahabat baik jangka pendek ataupun jangka panjang.
Infografis fitur analisis statistik dapat menjadi penunjang yang baik bagi bisnis

Infografis Fitur Analisis Statistik

Infografis Fitur Analisis Statistik

 

Sebagai fitur gratis yang ditawarkan oleh media sosial, fitur analisis statistik kerap kali masih memiliki banyak kekurangan didalamnya. Apabila sahabat menginginkan riset statistik yang lebih terperinci, mendetail, serta menggunakan metode-metode yang lebih sesuai, Sygmainnovation hadir dengan salah satu jasanya yaitu Creative Media Research yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan data milik sahabat. Layanan jasa riset milik Sygma Innovation dapat diakses melalui GrabInsight.

5. Ikatan langsung dengan pelanggan

Ikatan langsung dengan pelanggan

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa ikatan dengan pelanggan akan lebih menuju pada chat-bot yang dilakukan secara otomatis menggunakan software tertentu. Tapi yang perlu diperhatikan disini, terkadang konsumen lebih menginginkan ikatan yang lebih nyata dengan produsen atau dengan produk yang ingin mereka beli.
Infografis taktik dalam membuat ikatan dengan konsumen.

Infografis Ikatan langsung dengan pelanggan

Infografis Ikatan langsung dengan pelanggan

 

6. Berbelanja secara cepat melalui media sosial

Berbelanja secara cepat melalui media sosial

Pada era serba cepat dan serba praktis ini, media sosial banyak menjadi pilihan konsumen untuk membeli barang secara cepat. Mereka yang bekerja dan tidak memiliki waktu banyak, seringkali menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mereka berbelanja, tanpa harus memikirkan waktu yang terbuang saat melakukan transaksi langsung. Memanfaatkan hal tersebut, media sosial pun sudah mulai bergerak menyesuaikan perubahan zaman dengan menghadirkan berbagai fitur belanja secara praktis dimana konsumen akan dimanjakan dengan fitur fitur yang mudah dalam berbelanja.
Infografis tahun 2017 ini kemudahan berbelanja akan menjadi peluang yang besar.

Infografis Berbelanja secara cepat melalui media sosial

Infografis Berbelanja secara cepat melalui media sosial

Sekian artikel Infografis 6 Tren Sosial Media 2017 yang Bisa Menjadi Peluang Peningkatan Bisnis, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Silahkan di share 🙂

Pin It on Pinterest

Share This