Cari Tahu tentang 5 Tren Digital Marketing di Tahun 2019, Yuk! – Dunia pemasaran digital berkembang sangat cepat, seiring perkembangan teknologi yang berevolusi. Salah satunya adalah ‘content marketing’. Content marketing adalah bidang yang paling sering berubah di industri ini. Maka sebagai marketeer, Anda perlu memperhatikan tren terbaru agar tetap bisa bersaing di pasar.

Content dalam marketing bukan hanya tentang penulisan yang baik. Tapi merupakan kolaborasi agar mendapatkan perhatian dari masyarakat. Ketika mengolah content, maka sumber daya manusia lainnya dalam bidang desain grafis, videografi dan media sosial pun sangat diperlukan. Nah, agar tetap bisa bersaing cari tahu yuk apa saja tren digital marketing khususnya content di tahun 2019 ini. Lima di antaranya, yaitu:

  1. Konten dengan Format Panjang

Menurut Forbes, konten dengan format panjang penting di tahun 2019. Mengapa? Karena mesin telusur seperti Google memberikan rewards yang lebih untuk konten panjang di peringkat hasil. Dan pembaca makin banyak mencari sumber yang dapat dipercaya. Jadi, konten harus dibuat lebih dari 2.000 kata.

Analisis terbaru oleh BuzzSumo terhadap lebih dari 100 juta artikel mengungkapkan bahwa konten berformat panjang cenderung mendapatkan lebih banyak saham sosial, daripada yang singkat. Penting untuk diingat, konten berformat panjang tidak membuang-buang waktu pembaca, tetapi memberikan informasi yang bijaksana.

Selain itu perlu disadari bahwa konten berformat panjang bukan berarti konten tersebut membuang-buang waktu. Tetapi konten yang informatif dan berkualitas.

  1. Webinar, Webcast dan Live Video

Laporan tahun 2017 oleh Animoto menemukan bahwa 64% konsumen melakukan pembelian, setelah menonton video bermerek di Facebook. Dan konten video tersebut kelak menjadi hal yang semakin penting, Bahkan video diprediksi mencapai 82% di tahun 2021. Selain itu, penelitian di Aberdeen juga mencatat bahwa pebisnis yang memakai video dapat meningkatkan pendapatannya sebesar 49% lebih cepat, dari yang tidak menggunakannya.

Data di atas menunjukkan bahwa video sangat potensial untuk meningkatkan penjualan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat video adalah keunikan, keramahan dan memiliki jadwal unggahan yang teratur.

  1. Video Search

Rencana pemasaran tahun 2019 kemungkinan akan melihat lebih banyak publikasi online menggunakan konten audio, untuk memenuhi permintaan pasar.

Saat memasuki tahun 2019, rencana pemasaran harus mencakup beragam upaya untuk menyesuaikan strategi pengoptimalan mesin pencari (SEO) perusahaan. Hal ini dilakukan demi merespon tuntutan penelusuran lewat suara (voice search).

  1. ChatBots

Grand View Research memprediksi bahwa industri ChatBots akan tumbuh secara signifikan, ketika perusahaan diaktifkan secara substansial agar mengurangi biaya operasi. Selanjutnya, peningkatan dalam teknologi artificial intelligence (AI) membuat fitur ChatBots menjadi lebih mudah beradaptasi dan menyenangkan bagi konsumen.

ChatBost yang berkualitas dapat menjawab pertanyaan terbuka dan menggunakan program bahasa alami (NLP). Selain itu, mereka dapat menawarkan layanan 24/7 bagi klien. Namun tetap mempertahankan data untuk digunakan nanti.

  1. Media Sosial

Menurut data dari Pew Research Center Facebook terus mendominasi ranah media sosial. Selain Facebook, ada juga Twitter, Linkedln, dan Instagram yang dapat dimanfaatkan. Data dari laporan digital tahunan We Are Social tahun 2018 lalu mengungkapkan bahwa pengguna instagram meningkat secara konsisten. Namun, peningkatan terbesar adalah Linkedln yang mencapai 145%. Data tersebut menjamin bahwa jumlah pengguna media sosial ternyata masih banyak.

Itulah 5 tren digital marketing di tahun 2019 ini yang bisa diikuti oleh marketeers Indonesia. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.

Pin It on Pinterest

Share This