Buat Digital Marketers Ini 6 Kelebihan WhatsApp sebagai Media Berjualan – Marketers, memiliki aplikasi chatting yang tepat bagi penjual atau pebisnis itu penting. Anda harus memikirkan apakah aplikasi tersebut akan berpengaruh pada penjualan secara drastis atau justru bisa meningkatkan potensi penjualan dengan memilih aplikasi yang tepat.

Sekarang ada banyak aplikasi chat yang memiliki beragam kelebihan. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Inilah alasan mengapa aplikasi WhatsApp perlu dijadikan sebagai media berjualan bagi digital marketers, antara lain:

  • Digunakan oleh Banyak Orang

Menggunakan aplikasi yang sudah banyak digunakan orang tentu akan memudahkan dari sisi penjual maupun pembeli. Anda bisa dengan mudah menghubungi pembeli, begitu juga para pembeli yang bisa dengan mudah langsung mengontak Anda melalui aplikasi WhatsApp tersebut.

Salah satu artikel dari Harvard Business Review menyebutkan bahwa yang diinginkan konsumen adalah “simplicity”. Jika Anda menyajikan kemudahan bagi konsumen, maka pergunakan hal-hal yang telah digunakan atau dimiliki konsumen. Dan membuat Anda lebih mudah dihubungi tentu menjadi salah satu kelebihan yang bisa ditawarkan kepada konsumen.

  • WhatsApp Bisa Digunakan di Komputer Desktop atau Laptop

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang bisa digunakan di komputer. Hal ini menjadi kelebihan dari aplikasi tersebut. Anda bisa lebih mudah dan lebih cepat dalam membalas chat. Sejumlah data yang terbilang cukup besar juga bisa langsung dikirim melalui komputer.

Dengan mengirim pesan atau mengoperasikan WhatsApp melalui komputer, dapat membuat memori ponsel Anda menjadi lebih ringan.

  • Aman dari Peretasan

Salah satu yang sering menjadi masalah adalah soal keamanan data, jika berhubungan dengan teknologi. Tetapi bila Anda menggunakan aplikasi WhatsApp, tidak perlu meragukan keamanannya. WhatsApp sejak beberapa tahun ke belakang sudah meng-upgrade sistem keamanannya dengan menyediakan fitur end to end encryption.

Maksud dari fitur ini adalah membuat pesan yang Anda terima tidak disadap atau diketahui orang lain. Sehingga keamanan data Anda maupun konsumen bisa terjaga. Hal ini juga tentunya menghindari kebocoran atau pengambilan data oleh orang lain. Tentu menghindari penyalahgunaan data menjadi prioritas Anda juga, bukan?

  • Ada Pilihan Aplikasi Reguler dan Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu memiliki kebutuhan yang berbeda ketka melakukan chatting untuk kepentingan bisnis. Untuk mengakomodir hal tersebut, WhatsApp menyediakan fitur WhatsApp bisnis. Fitur dan kegunaannya tentu berbeda jika dibandingkan dengan WhatsApp regular.

Dengan menggunakan WhatsApp bisnis, Anda semakin mudah dan cepat dalam membalas chat pelanggan. Ada fitur organisasi kontak yang bisa digunakan dengan mengunduh WhatsApp bisnis.

Fitur statistik juga membuat Anda mengetahui data yang berkaitan dengan chat bersama konsumen. Data tentu merupakan hal penting bagi pelaku bisnis. Maka, ftur ini dihadirkan. Aplikasi khusus para pelaku bisnis menjadi salah satu kelebihan WhatsApp.

  • Bisa Membuat Grup hingga 256 Member

Ingin menyatukan konsumen Anda dalam satu tempat? Membuat grup WhatsApp adalah jawabannya. Anda bisa membuat satu grup WhatsApp khusus untuk para konsumen yang jumlah anggotanya bisa mencapai 256 orang.

Tak sedikit juga para pelaku bisnis yang melakukan hal serupa. Tujuannya agar membuat konsumen lebih loyal dengan program yang Anda lakukan. Dalam grup tersebut, Anda bisa berbagi ilmu, info diskon, juga promo bulanan yang sedang Anda jalankan.

  • WhatsApp Story

Tak ingin kalah dengan Instagram, kelebihan WhatsApp lainnya adalah menghadirkan fitur story. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menggunakan WhatsApp story layaknya Instagram story. Membuat konten yang menarik dan pintar sekaligus menyisipkan promosi produk, bisa jadi cara yang ampuh untuk menarik perhatian pelanggan.

Kelebihan WhatsApp story juga bisa menyisipkan link tanpa syarat tertentu. Tidak seperti Instagram yang mengharuskan minimal sejumlah followers untuk bisa menyisipkan link ini. Peluang ini tentu bisa dimanfaatkan juga untuk sesekali mengarahkan orang di kontak WhatsApp Anda, untuk menuju website atau akun marketplace jualan Anda.

Itulah 6 kelebihan dari aplikasi WhatsApp bagi marketers yang bisa dijadikan media tepat untuk berjualan. Menarik, bukan? Selamat mencoba.

Pin It on Pinterest

Share This