Agar Makin Percaya Diri dengan Rujukan Kisah Nabi Musa as. – Di dalam Al Quran banyak sekali kisah nabi yang diceritakan. Salah satunya adalah kisah perjuangan Nabi Musa as. saat berhadapan dengan Fir’aun Mesir. Bahkan dalam kisah tersebut, kita bisa belajar tentang arti kepercayaan diri.

Allah Swt. berfirman, “Pergilah kepada Fir’aun; dia benar-benar telah melampaui batas. Dia (Musa) berkata, ‘Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku,’” (QS Taha : 24-28).

Saat Nabi Musa as. ditugaskan oleh Allah Swt. untuk menghadap Fir’aun, Nabi Musa as. memanjatkan doa agar dia mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kemudian Nabi Musa as. berangkat menemui Fir’aun untuk menyampaikan risalah dakwahnya.

Agar Makin Percaya Diri dengan Rujukan Kisah Nabi Musa as.

Kurang Percaya Diri? Mintalah Pertolongan pada Allah Swt.

Dalam kisah ini, Nabi Musa as. memohon kepada Allah agar benar-benar menyiapkannya untuk mengemban risalah tersebut. Inilah yang patut dicontoh dari Nabi Musa as., saat menghadapi tugas yang berat, lalu muncul keraguan dan merasa tidak mampu. Nabi Musa as. tidak pernah mengurungkan niatnya, tetapi dia terus berdoa meminta pertolongan kepada Allah Swt.

Dari kisah ini kita bisa meneladani sifat dari Nabi Musa as. Pada saat kita ingin melakukan sesuatu, kemudian merasa kurang percaya diri mintalah pertolongan kepada Allah Swt. Hal ini dilakukan agar dapat memiliki rasa percaya diri untuk melakukan hal itu.

Banyak orang yang lebih memilih menyerah sebelum mencoba. Itu artinya kita tidak percaya pada ketetapan Allah Swt.

Bagaimana Jika Gagal?

Dan tugas Nabi Musa as. untuk meluluhkan hati Fir’aun tidak berhasil. Beliau pun tahu bahwa kemungkinan berhasilnya sangat sedikit. Akan tetapi, beliau tetap mencoba melakukan tugasnya tersebut.

Begitu pun dengan Anda. Bila diberikan tugas yang berat dan kita tahu bahwa kemungkinan berhasil sangat sedikit, tidak ada salahnya kita mencoba. Sekecil apa pun kemungkinan itu, patut untuk dicoba.

Karena Allah Swt. akan selalu menolong hamba-Nya, jika bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Tidak ada yang bisa menjamin apa yang kita lakukan akan berhasil atau gagal. Kecuali Allah Swt.

Selain itu, lakukan ikhtiar semaksimal mungkin dan iringi dengan doa serta tawakal. Inilah yang mendatangkan pertolongan dari Allah Swt. Maka, jika Anda sedang menghadapi masalah dan kurang percaya diri segera berdoa, bertawakal dan ikhtiar.

Baca juga : Memahami Makna Hijrah dalam Kehidupan Manusia

Sekian artikel mengenai Agar Makin Percaya Diri dengan Rujukan Kisah Nabi Musa as. Semoga bisa menjadi keberkahan bagi kita dan semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This