9 Keutamaan Amalan di Bulan Zulhijah – Selain Ramadan, Zulhijah adalah salah satu bulan mulia dalam kalender umat Islam. Banyak umat Islam yang menantikan kedatangan bulan ini. Terutama calon-calon jemaah haji juga para peternak hewan kurban. Mengapa bulan ini termasuk bulan istimewa? Cari tahu keutamaan beramal di bulan ini, yuk!.

9 Keutamaan Amalan di Bulan Zulhijah

Ternyata ada 9 keutamaan amalan di bulan Zulhijah yang mesti kita ketahui, antara lain:

  • Zulhijah termasuk Asyhurul Hurum

Bulan Zulhijah adalah salah satu bulan yang mulia yang telah Allah Swt. sebutkan Asyhurul Hurum (bulan-bulan Muharram). Maksudnya, saat itu manusia dilarang dan diharamkan untuk berperang, kecuali dalam keadaan membela diri dan terdesak.

Perhatikan ayat Al-Quran berikut ini, “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar kesucian Alla, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram,…” (QS Al Maidah : 2)

  • Anjuran Memperbanyak Ibadah pada Sepuluh Hari Pertama (tanggal 1-10)

Sepuluh hari pertama dalam bulan Zulhijah memiliki keutamaan yang besar. “Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (QS Al Fajr : 1-2)

Maksudnya adalah sepuluh hari di bulan Zulhijah,

Maka amal saleh apa pun, jika kita lakukan di sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, akan mendapatkan keberkahan yang melimpah dan afdal dibanding jihad dan amalan lainnya.

  • Puasa Arafah (pada 9 Zulhijah)

Puasa (saum) di 10 hari pertama pada bulan Zulhijah, khususnya pada hari ke-9 yang termasuk ke dalam amalan terbaik. Puasa sunah mulai 1 Zulhijah diperbolehkan. Bahkan menjadi anjuran.

Puasa Arafah akan menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR Muslim)

  • Salat Iduladha

Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.” (QS Al Kautsar : 2)

  • Berkurban

Berkurban adalah ibadah kepada Allah dengan cara menyembelih seekor kambing atau sepertujuh unta atau sapi pada hari Iduladha dan ketiga hari Tasyriq.

  • Melakukan Ibadah Haji

Dinamakan Zulhijah karena di bulan inilah dilaksanakannya ‘Ibadah Haji’. “Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (QS Ali Imran : 97)

Baca juga : 3 Kiat Mengembangkan Bisnis bersama Pasangan

  • Tidak Memotong atau Mencabut Rambut, Kulit dan Kuku bagi yang Akan Berkurban

Jika telah masuk 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dan salah seorang dari kalian ingin berqurban, maka janganlah ia mengambul rambut dan kulitnya sedikitpun.” (HR Muslim No. 1977).

Hukum ini khusus bagi orang yang berniat untuk berkurban, ada pun yang selainnya tidak dilarang.

  • Memperbanyak Sedekah

Sedekah secara umum hukumnya sunah. Dan nilai sunahnya pada 10 hari pertama bulan Zulhijah ini semakin menguat. Sedekah di bulan ini sangat dianjurkan.

  • Memperbanyak Takbir

“Ibnu Umar dan Abu Hurairoh ra. keluar kepasar pada 10 hari (pertama) Dzulhijjah sambil bertakbir dan orang-orang pun bertakbir dengan mereka berdua.” (HR Bukhari)

Itulah 9 keutamaan amalan di bulan Zulhijah. Semoga bisa memotivasi kita untuk terus melakukan amal terbaik di bulan tersebut, aamiin.

Pin It on Pinterest

Share This