sygmainnovation.com – Mari kita mulai dengan bahasan mengapa air mineral sangat penting. Pada dasarnya 70% persen dari tubuh kita adalah air, karenanya air memiliki poin yang besar bagi tubuh. Manfaat paling mendasar dari  air adalah dapat membuat kita segar setelah meminumnya. Saat tubuh lemas, semua hal akan berjalan dengan tidak maksimal. Konsekuensi yang terlihat sepele namun memiliki efek yang bisa sangat merugikan.

Boleh saja kita mengatakan dalam sehari kita memerlukan gizi yang mencukupi, perlu karbohidrat agar bertenaga, protein agar membantu berpikir, sayuran agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta daging dan jenis makanan lainnya yang dipercaya dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita. Sehingga kemudian berpikir meminum air adalah kebutuhan tambahan saja. Jika sahabat pernah berpikir demikian, artikel ini akan menegaskan bahwa hal tersebut adalah salah.

Pernahkan sahabat berpikir mengapa sebagian orang sering sakit dan sebagian lainnya tidak?

Kurang mengkonsumsi air adalah salah satu penyebabnya. Menurut penelitian,fungsi air dalam kesehatan adalah meningkatkan konsentrasi, memelihara daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Umumnya dibutuhkan 8-9 cangkir perhari. Hal ini mungkin hanya perkiraan karena tidak ada rumus tunggal yang cocok pada tiap orang setiap harinya, namun angka ini telah banyak diadopsi oleh banyak orang dan dikatakan bahwa sebagian besar orang merasa lebih bugar setelah melakukannya. Selain dari jumlah gelas/cangkir yang kita minum, kita dapat menentukan ukuran seseorang cukup mengkonsumsi air atau tidak adalah dengan mengukur tingkat dehidrasi. Dimana saat seseorang kurang mengkonsumsi air akan menimbulkan beberapa gejala dehidrasi.

Ada tiga tingkatan dehidrasi yaitu dehidrasi ringan, dehidrasi sedang, dan dehidrasi berat. Dikatakan dehidrasi ringan saja dapat membuat seseorang merasa lemas dan sulit berkonsentrasi dan tingkatan selanjutnya dapat menimbutkan gejala yang lebih buruk. Jika dehidrasi terjadi dalam jangka panjang, banyak penyakit yang mungkin terjadi, diantaranya penyakit rheumatoid arthritis, migrain, radang usus, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tbc paru-paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim, serta berbagai penyakit lainnya.

8 Manfaat Meminum Air Mineral Saat Perut Kosong

Tidak ada yang salah jika memilih menjadi orang sibuk, namun kebutuhan akan cairan tetap menjadi faktor yang penting. Jika sahabat termasuk orang yang sibuk ataupun sulit untuk menyempatkan waktu untuk meminum air dengan cukup setiap harinya,  sahabat bisa meminimalisir dengan membiasakan minum air saat perut kosong, terutama setiap sahabat bangun tidur.

Info umum yang sebenarnya telah banyak orang tahu, meminum air saat bangun tidur adalah langkah yang sangat baik dalam meningkatkan konsentrasi dan menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi sepanjang hari. Walaupun belum terbukti oleh semua orang bahwa meminum air saat pagi hari dapat menghindari dehidrasi seharian penuh, kita tetap dapat melakukannya dengan beberapa alasan lain.

Berikut Sygma Innovation berikan informasi, 8 manfaat jika sahabat terbiasa meminum air ketika perut kosong, terutama saat bangun tidur.

  1. Membersikan racun dari tubuh

Ketika sahabat meminum air, aliran air dalam tubuh secara alami akan mendesak pergerakan dalam perut. Jika sahabat meminum air di malam hari, tubuh akan otomatis memperbaiki saluran pencernaan dan memunculkan reaksi pembersihan racun saat tidur. Jika meminum air saat perut kosong dipagi hari, anda akan mengalirkan racun dalam tubuh keluar sehingga menjadi segar dan sehat dipagi hari. Meminum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel paru.

  1. Meningkatkan metabolisme

Minum air saat perut kosong dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sekitar 24%. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang melakukan diet ketat. Saat metabolisme meningkat, tentunya sistem kerja pencernaanpun akan otomatis meningkat. Jika sahabat inngin melakukan diet, cara ini mendukung proses pencernaan menjadi lebih cepat yang nantinya dapat membuat proses diet menjadi lebih mudah. Meminum air segera setelah bangun tidur akan memurnikan usus besar, sehingga tubuh akan lebih mudah dalam menyerap nutrisi.

  1. Melancarkan kesehatan (menurunkan berat badan berlebih)

Ketika sahabat memutuskan untuk minum air dipagi hari saat perut kosong, sahabat akan mengeluarkan banyak racun dan itu akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dapat membuat perut tidak mudah lapar dan juga keinginan untuk makan/ngemil akan berkurang drastis dari biasanya. Tentu saja hal ini dapat mencegah kenaikan berat badan yang biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan berlebih.

8 Manfaat Meminum Air Mineral Saat Perut Kosong

8 Manfaat Meminum Air Mineral Saat Perut Kosong

  1. Meredakan mulas dan gangguan pencernaan

Umumnya gangguan pencernaan banyak yang diawali dengan peningkatan asam lambung. Rasa mulas akan terjadi jika asam lambung ini naik ke kerongkongan. Jika sahabat meminum air saat perut kosong, asam lambung ini akan terdorong ke bawah dan diencerkan. Setelah proses ini selesai kondisi tubuh akan kembali normal. Meminum air saat perut kosong juga dapat dijadikan awal yang baik sebelum memulai sarapan.

  1. Membuat wajah merona serta kulit yang bersinar

Dehidrasi dipercaya dapat menyebabkan keriput dini dan memunculkan pori-pori yang besar. Belakangan ini dalam sebuah studi dibuktikan bahwa minum 500ml air saat perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Juga, dikatakan bahwa meminum lebih banyak air sepanjang hari dapat membantun tubuh melepaskan racun yang akan membuat kulit lebih bercahaya.

  1. Membuat rambut menjadi lebih mengkilap, halus dan sehat

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah yang serius pada pertumbuhan rambut. Air yang sahabat minum dapat memelihara rambut dari dalam ke luar. Air memiliki peran ¼ dari berat sehelai rambut. Saat tubuh tidak memiliki asupan air yang cukup, rambut akan menjadi rapuh dan helai rambut menjadi tipis. Jadi pada dasarnya sahabat memang harus meminum banyak air setiap hari, namun perlu diingat meminum air saat perut kosong dapat meningkatkan kualitas rambut sahabat ke tingkat yang lebih besar.

  1. Mencegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih

Meminum air segera setelah bangun tidur sangat penting untuk mencegah batu ginjal dal infeksi kantung kemih. Hal ini menegaskan fakta bahwa meminum air saat perut kosong akan mengencerkan asam yang menyebabkan batu ginjal. Semakin banyak air yang sahabat minum (dengan jumlah yang wajar), akan semakin membuat sahabat terhindar dari berbagai macam infeksi kantung kemih yang disebabkan oleh racun.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Meminum air saat perut kosong membantu dalam proses pengaliran dan penyeimbang sistem limpa yang dapat meningkatkan kadar sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membuat sahabat aman dari berbagai penyakit, termasuk juga penyakit ‘meriang’ yang sering kali banyak orang rasakan.

Infografis 8 Manfaat Meminum Air Mineral Saat Perut Kosong

Infografis 8 Manfaat Meminum Air Mineral Saat Perut Kosong

Semoga informasi artikel mengenai 8 Manfaat Meminum Air Mineral Saat Perut Kosong , ini dapat bermanfaat bagi sahabat. Silahkan di share 🙂

Pin It on Pinterest

Share This