7 Trik Memanipulasi Diri Sendiri Untuk Menjadi Lebih Baik di Lingkungan Kerja –  Ketika Sabahat mendengar istilah manipulasi, Sahabat mungkin akan langsung terbayang hal negatif.  Tapi untuk sekarang, jangan berpikir seperti itu dulu.

Manipulasi bukan hal yang buruk. Hanya orang yang menggunakannya dengan buruk lah yang sesungguhnya bisa dianggap seperti itu. Dalam lingkup sosial, kita tidak akan pernah jauh dari manipulasi.  Manipulasi hanyalah sebuah trik dalam kehidupan sosial. Bisa kita gunakan dalam hal yang baik, namun bisa juga digunakan untuk hal yang buruk.

Perlu sahabat ketahui, manipulasi bisa kita terapkan pada diri kita sendiri.  Proses ini dikatakan sebagai  menata citra. Manipulasi penting untuk kita pelajari. Dalam pekerjaan misalnya, kita bisa membuat diri kita terkesan menyenangkan agar orang lain nyaman dengan  kita. Mungkin saja sekarang ini kita senang menyapa teman kerja untuk setiap harinya, namun jika hanya sekedar menyapa dan jarang sekali memerhatikannya saat ditempat kerja, apalagi mengobrol santai, hal ini tidak akan membuat hubungan antar sahabat dengan orang-orang tersebut menjadi lebih erat.

7 Trik Memanipulasi Diri Sendiri Untuk Menjadi Lebih Baik di Lingkungan Kerja

Sebenarnya, cara kita melirik, berjabat tangan dan hal-hal yang seperti itu merupakan bagian dari manipulasi. Ada cara yang dapat sahabat lakukan untuk mengirmkan sinyal bawah sadar menggunakan bahasa tubuh yang membuat orang-orang menjadi lebih baik, atau setidaknya mereka merasakan semangat dengan kehadiran kamu.  Sejak dulu, selalu saja ada orang yang tidak nyaman dengan pembahasan ‘mempengaruhi’ seseorang dengan trik psikologis, namun setidaknya kamu bisa menentukan sendiri apakah hal ini bermanfaat atau tidak jika diimplementasikan dalam kehidupan kita setiap harinya.

Berikut sygmainovation.com hadirkan 7 trik psikologis yang mungkin bisa sahabat coba di tempat kerja.

Trik 1 : Bentuk Sikap dan Bahasa Tubuh yang Menyenangkan

Merasa aman dan percaya merupakan syarat hubungan sosial bisa sangat menyenangkan. Disamping itu, menganggap rekan kerja sebagai teman pun bukan hal yang salah untuk dilakukan, karena jika hal ini berjalan sesuai, mereka akan merasa sangat dihargai. Hingga suatu saat, bukan tidak mungkin ruang kerja kita dapat menjadi tempat yang sangat nyaman untuk disinggahi, bahkan mungkin kalau nantinya kita resign.

Selalu berpikir tentang apa yang dapat kita lakukan untuk orang lain. Disamping semua hal yang bisa kita dapatkan di temapat kerja, coba lah untuk sesekali berpikir membuat salah seorang atau beberapa teman kerja senang. Tidak perlu membuat yang sangat spesial. Hal sederhana saja, jika kita kemas dengan ikhlas akan terasa sangat menyenangkan pastinya. Tidak perlu memikirkan bagaimana citra diri kita nantinya, yang pasti mereka akan sangat senang dengan adanya kamu dalam ruang kerja mereka.

Trik 2: Tunjukan Postur Terbaik yang Bisa Sahabat Perlihatkan

Memiliki postur yang baik adalah keinginan semua orang. Termasuk hal sepele namun memiliki efek yang besar.

Sebenarnya semua orang bisa mendapatkan postur yang baik dengan latihan. Tidak memerlukan syarat berat untuk mencoba. Selain bisa membuat tubuh terlihat lebih menarik, postur yang baik juga menjamin kesehatan seseorang. Postur tubuh simpel yang sekarang bisa sahabat coba adalah seperti berdiri tegak tapi santai dan duduk tegak namun tidak kaku. Hal sederhana untuk dilakukan namun dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dan cara pandang orang lain terhadap anda kedepannya.

Trik 3: Berikan Aura Positif Saat Memasuki Ruangan Kerja

Dalam memulai hari, tersenyum merupakan jalan pintas yang sangat baik. Tersenyum di pagi hari bisa menjadi kekuatan yang sangat besar. Tatkala kita mempunyai masalah dalam organisasi atau apapun itu, senyum merupakan hal yang paling sering digunakan agar ruangan yang akan kita masuki menjadi lebih menyenangkan.

Jangan pernah menganggap sepele efek tersenyum. Percayalah jika ada masalah apapun dalam ruang kerja, senyum bisa membuat situasi menjadi lebih baik.

Selain tersenyum, biasakanlah untuk menyapa orang lain. Tentu saja dengan senyuman juga. Sapaan merupan hal yang simpel untuk sahabat lakukan namun seringkali terhadang rasa malas. Kita menganggap hal ini terlalu simple, lalu berpikir tidak apa jika sesekali tidak dilakukan dan akhirnya menganggap hal ini tidak berguna. Tapi jika sahabat ingin melihat manfaat dari hal ini dan alasan mengapa kebanyakan orang sukses melakukan ini, lakukan. Lalu lihat perbedaannya apa yang sahabat dapat.

Trik 4:  Selalu Berikan Jabat Tangan Yang Hangat

Jika kamu  seorang pekerja pasti tidak asing dengan istilah ‘jabat tangan yang baik’. Dalam trik manipulasi, kita juga akan membahas hal tersebut, namun dengan sedikit perbedaan. Istilahnya adalah ‘jabat tangan yang hangat’.

Dalam situasi kerja, terutama dengan rekan kerja, kerjasama merupakan hal yang sangat penting. Namun nyatanya tidak semua orang dapat menjalin kerjasama yang baik. Hal ini dikarenakan sering adanya rasa canggung yang muncul antar sesama rekan kerja. Rasa takut salah ataupun ingin mengusulkan ide lain kadang menimbulkan salah paham di antara rekan kerja. Bahayanya adalah setelah projek selesai akan ada jarak yang tidak menyenangkan antar rekan di ruang kerja. 

Faktanya hal ini sering dianggap masalah yang tidak bisa dihindari. Padahal, hal tersebut bisa dicegah dengan saling terbuka, dan salah satu cara untuk memulainya adalah dengan jabat tangan yang hangat. Sedikit memberi catatan, jabat tangan ini memerlukan syarat, yakni saat berjabat tangan sahabat harus menatap mata rekan kerja yang sahabat jabat dan tersenyum seakan hari itu menjadi lebih menyenangkan setelah bertemu dengannya.

7 Trik Memanipulasi Diri Sendiri Untuk Menjadi Lebih Baik di Lingkungan Kerja

7 Trik Memanipulasi Diri Sendiri Untuk Menjadi Lebih Baik di Lingkungan Kerja

Trik 5 : Selalu Tunjukan Diri Sebagai Seorang yang Terbuka

Tahukah anda jika ruangan yang tadinya mencekam akan menjadi sangat menyenangkan jika sahabat bersikap terbuka?  Dengan sikap terbuka semua orang akan terlihat menjadi lebih baik dan akan terasa lebih menyenangkan berada diruang kerja.

Pada dasarnya, saat kita bersikap tertutup dengan lingkungan kerja, maka kita akan membatasi apa yang bisa kita lakukan di tempat itu.
Bisa dikatakan, bahwa trik ini memang sedikit sulit untuk diterapkan karena memerlukan keterbukaan dari kita sendiri dan harus dimulai dari diri kita sendiri.  Langkah paling mudah untuk diterapkan dalam memulai sikap terbuka adalah dengan beranikan diri untuk mengobrol dengan rekan kerja. Buat seakan sahabat tertarik dengan obrolannya (bisa jadi juga sahabat yang menentukan topik obrolannya). Saat berbicara atur cara duduk, jangan bersandar pada objek dan jika memang harus menyandar, pertahankan postur tubuh agar tetap terlihat tegap namun relaks.

Trik  6 : Berikan Tampilan Wajah Terbaik

Menata ekspresi merupaka hal yang lumrah untuk dilakukan, tak terkecuali di tempat kerja.

Hal yang berbeda adalah trik ini bisa menjadi sangat sulit dan bisa juga sangat mudah untuk dilakukan. Trik ini mensyaratkan pembawaan seseorang agar menatap hidup sebagai sesuatu yang menyenangkan. Jadi, bukan hanya tersenyum yang diperlukan, melainkan juga mengubah pandangan agar menganggap hidup itu menyenangkan.

Trik ini sebenernya bisa disimpulkan sebagai langkah memberikan energi positif ditempat kerja. Tidak jauh berbeda memang dengan mengatur ekspresi namun efeknya akan lebih terasa bagi orang lain.

Memang tidak mudah untuk secara tiba-tiba memancarkan energi positif namun kita bisa mencoba/membangkitkannya dengan langkah sederhana. Saat berbicara saja misalnya, kita bisa memulai dengan tersenyum, lakukan dengan  ikhlas saat bertemu orang lain dan buat wajah alami sahabat menjadi wajah yang senang. Langkah lainnya, jangan pernah memutuskan kontak mata sacara tiba-tiba karena bisa karena bisa mengurangi rasa nyaman bagi lawan bicara.

Trik 7 : Gunakan Cara Berprilaku Yang Menurut Sahabat Ideal Dan Orang Lain Sukai

Dalam suatu lingkup kerja, cara bertingkah laku merupakan poin terpenting agar mudah disukai. Cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan berprilaku seperti yang orang lain lakukan. Namun apakah setelah kita melakukan itu semua kita akan langsung disukai?

Nyatanya tidak. Menjadi seperti orang lain tidak sama artinya dengan sama dengan orang lain secara 100%. Menang benar bersikap seperti orang lain dapat meningkatkan tingkat keakraban dalam dunia kerja, namum menjadi diri sendiri tetap lebih bernilai dari apapun. Dengan menjadi diri sendiri, kita dapat lebih menikmati hidup. Hal yang harus kita tahu, saat seseorang merasa bahagia dengan kehidupannya, maka secara tidak langsung orang lain akan ikut merasa senang jika berada didekatnya.

Jadi, dalam trik terakhir ini, sesungguhnya menjadi diri sendiri adalah tujuan dasar dari semua faktor dari trik manipulasi diri. Ketujuh trik manipulasi ini hanyalah jalan agar sahabat dapat lebih menikmati hidup, khususnya dalam mengubah pandangan ‘kerja’ menjadi lebih baik.

Semoga artikel 7 Trik Memanipulasi Diri Sendiri Untuk Menjadi Lebih Baik di Lingkungan Kerja ini bisa bermanfaat, silahkan di share 🙂

Baca juga :  Tips Aman Menggunakan Headset, Earphone, Headphone, dan Sejenisnya

 

 

Pin It on Pinterest

Share This