6 Prediksi Trend Instagram di Tahun 2017 – Sejarah mencatat Mark Zuckerberg, sebagai pemilik Facebook, membeli Instagram dengan harga 1milyar dolar pada tahun 2012. Saat itu instagram hanya memiliki 30 juta pengguna dan 13 orang pegawai yang memegang operasional. Setelah empat tahun berselang, Instagram mencapai kemajuan yang sangat pesat hingga memiliki 500juta pengguna aktif pada Juni 2016 dan terus menunjukkan peningkatan hingga sekarang.

Mengapa hal ini menjadi penting? Seperti yang kita tahu, media sosial selalu menuntut perubahan. Disamping itu, perubahan media sosial juga seringkali mempengaruhi alur kehidupan. Dengan perkembangan teknologi, dalam hal ini media sosial, efektifitas kehidupan seringkali sangat berhubungan dengan kebiasaan bermedia sosial. Sehingga mengikuti media sosial seringkali dianggap penting dalam mempertahankan elektabilitas seseorang atau bahkan perusahaan.

Dengan angka pengguna yang mencapai setengah milyar, Instagram menjadi sesuatu yang sangat layak untuk diperhitungkan dalam menyusun rencana kedepan. Menganggap hal ini cukup penting, kami mencoba mengulas prediksi yang dikemukakan oleh brandwacth.com dengan beberapa rasionalisasi di dalamnya.

Berikut 6 prediksi tren Instagram di tahun 2017 :

  1. Instagram Stories

Pada update bulan agustus kemarin Instagram meluncurkan Stories. Ide dibalik update ini tampaknya karena pengguna Istagram cenderung memposting moment terbaik mereka saja dan tidak ingin memposting hal yang terlihat biasa. Belakangan ini, memposting rutinitas sehari-hari secara rutin seakan menjadi hal yang tabu dan tidak ingin dilakukan. Anggapan Over posting atau update yang terlalu sering dianggap sangat menggangu dan kadang memaksa seseorang untuk melakukan unfollow. Seperti yang kita tahu, “di unfollow” merupakan hal yang paling dihindari oleh pengguna instagram, dan untuk menghindari hal tersebut namun tetap melakukan banyak posting maka muncul tren finstagram. fistagram atau sering disebut juga fake Instagram merupakan sebuah akun sekunder yang digunakan untuk memposting hal-hal yang tidak ingin diperlihatkan di akun utama seseorang.

Instagram Story

Instagram Story

Menghadapi tren yang satu ini, Instagram membuat aplikasi Stories bulan agustus kemarin. Instagram Stories ini bertujuan untuk mengubah cara orang menggunakan Instagram. Instagram Stories ini memungkinkan seseorang untuk menandai seseorang, menambahkan link dalam konten (seperti promosi blog atau website), dan bahkan mendukung aplikasi Boomerang seperti halnya postingan biasa.

Mungkin karena belum familiar dengan hal tersebut, masih segelintir orang saja yang sering menggunakan instagram Stories ini, namun pada tahun 2017 nanti, diprediksi instagram Stories akan menjadi yang paling sering digunakan dalam berbagi moment dalam instagram.

  1. Instagram Direct (Pesan Langsung di Instagram)

Pesan langsung pada seseorang. Prediksi : Bentuknya berupa pesan yang akan menghilang setelah beberapa saat setelah diterima (dilihat) oleh orang yang dituju.

Sebagai catatan, keberhasilan opsi direct dari instagran tahun 2014 kemarin telah meningkatkan jumlah pengguna dari 80 juta hingga 300 juta. Dengan angka yang sangat besar tersebut maka tak heran jika pada tahun 2017 Instagram akan lebih mengebangkan opsi ini untuk mendorong lebih banyak orang beralih menggunakan Instagram.

Instagram Direct

Instagram Direct

Pada akhir tahun 2016, Instagram baru saja memperkenalkan beberapa fitur baru yang dianggap akan akrab bagi pengguna Snapchat, dan pengguna Stories Instagram. Pengguna dapat mengirimkan dan menghilangkan konten untuk pengikutnya dan beberapa temannya. Bisa juga konten akan dihapus dari inbox pengguna setelah dilihat dan pengirim bahkan dapat mengetahui apakah penerima telah mengambil screenshoot dari video yang dikirim.

  1. Instagram Shooping

Tool ini diprediksi akan mengadopsi sisi unik pinteres. Layaknya Pinterest, Instagram akan memunculkan kemampuan untuk menampilkan pencarin tentang suatu produk. Nantinya menu ini akan menampilkan gambar-gambar yang tersusun rapi seperti menu folder dalam Pinterest.

Instagram Shopping

Instagram Shopping

Prediksi ini menjadi sangat kuat karena sebelumnya Instagram telah membuat uji coba dengan menghadirkan 20 merek fashion dalam tag dan foto. Sekarang ini kita bisa melihat secara langsung fungsi tools ini dengan mengklik tag nama atau jenis produk yang ingin kita lihat. Nantinya kita akan langsung dihadapakan dengan berbagai macam posting yang menyangkut hal tersebut.

Terlihat sederhana dan tidak terlalu berbeda, namun dengan hadirnya tool pendukung, hal ini akan menjadi sangat menarik nantinya.

  1. Instagram Business Tools (Instagram sebagai alat bisnis)

Ini merupakan pencapaian baru dimana sebuah akun Instagram dapat diverifikasi sebagai akun bisnis untuk pertama kalinya. Fitur baru ini memperbolehkan seseorang untuk menambahkan berbagai macam metode kontak, mengarahkan posting ke arah bisnis, serta menutup batasan untuk promosi dan analisis produk.

Tool ini berbeda dengan fungsi akun pengguna biasa yang kadang digunakan untuk posting produk. Tool ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan aplikasi ketiga yang gunanya untuk membaca info pengguna semisal kebiasaan, kesukaan, dan demografi. Tool ini juga dapat memberikan informasi seberapa besar potensi dari setiap posting, sehingga bisa memperkirakan jenis iklan seperti apa yang berpotensi meningkatkan bisnis produk di Instagram.

Pada Akhirnya, update ini kembali dengan algoritma yang menyerupai Facebook. Seperti yang telah terjadi pada Facebook, tool ini secara bertahap akan mengurangi jangkauan seseorang dalam beriklan secara personal, yang berarti nantinya perusahaan tidak punya pilihan selain membayar Instagram untuk setiap iklan yang dipublish.

  1. Expanded Video Options (pilihan video yang lebih bervariasi)

Baru-baru ini Instagram mulai memainkan peran yang sangat besar dalam aplikasi video.

Bukankah video berdurasi 15 detik kadang terlalu singkat? sekarang Instagram menawarkan kesempatan pengguna jika ingin menampilkan video berdurasi lebih lama hingga 4kali lipat dari sebelumnya. Dengan durasi hingga 60 detik, Instagram diyakini akan mengikuti langkah media sosial lainnya yang bahkan memberikan opsi live streaming seperti Facebook dan Youtube.

Instagram Video

Instagram Video

Juga, dengan adanya aplikasi bumerang yang telah hadir di Instagram, diyakini bahwa opsi tentang video di Instagram akan muncul lebih banyak lagi. Memang belum ada pemberitahuan resmi tentang apakah hal ini akan benar terjadi pada tahun 2017, namun jika opsi ini telah diluncurkan maka pengguna akan beramai-ramai bereksperimen dalam menggunakan vitur-vitur terbaru tersebut.

  1. Increasing ad Options for Brand (meningkatkan promosi iklan)

Instagram menyediakan berbagai pilihan untuk beriklan. Telah banyak perusahaan yang mengantri ingin menawarkan produk mereka di halaman depan pengguna Instagram.

Namun, selama beberapa tahun ini Instagram hanya meningkatkan sedikit intensitas iklan yang ada pada halaman depan Instagram. Itupun dengan berbagai opsi yang bahkan dapat menutup iklan dengan keputusan sepihak pengguna.

Instagram Ads

Instagram Ads

Sebagai pemilik Facebook dan sekaligus Instagram, Mark Zuckerberg, pernah mengatakan bahwa jika sebuah media sosial belum mencapai titik satu milyar pengguna, maka media sosial tersebut belum layak dijadikan tempat yang bernilai untuk bisnis, setidaknya Mark tidak akan berfokus dulu pada hal tersebut.

Pandangan bahwa Iklan yang terlalu agresif merupakan pengganggu dan dianggap Mark sebagai sesuatu yang menurunkan minat pengguna dan dipercaya akan membatasi pertumbuhan jumlah pengguna nantinya.

Jika pengguna mencapai satu milyar maka masa kritis tersebut dianggap telah lewat dan Instagram akan memperbolehkan iklan yang lebih intens dari sebelumnya.

Dengan data jumlah pengguna Instagram yang telah mencapai setengah milyar bulan juni kemarin dan angka pengguna media sosial yang terus bertambah, bukan tidak mungkin pada tahun 2017 nanti Instagram bisa mencapai satu milyar pengguna dan Mark akan mulai membuka Instagram sebagai media iklan secara besar-besaran.

Semoga artikel 6 Prediksi Trend Instagram di Tahun 2017 ini bermanfaat, silahkan di share 🙂

Pin It on Pinterest

Share This