6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif – Hingga saat ini berpikir out of the box dipercaya merupakan keterampilan yang dapat dipelajari. Syaratnya kamu harus terbuka dengan hal-hal baru. Pasti banyak yang menganganggap kamu tuh orang yang kurang kreatif atau bahkan dianggap tidak kreatif sama sekali. Betul ga? Sementara itu, kebanyakan orang pun setuju kalau ada seseorang yang cenderung berpikir lebih kreatif dari pada yang lain. Hanya saja, yakin deh kreatifitas merupakan hal yang dapat dilatih dan ditingkatkan.

Sahabat Sygma Innovation, berikut 6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif yang bisa kamu pelajari.

  1. Perbanyak Info Diluar Kegiatan kamu sehari-hari

Kita pasti senang jika membaca apa yang kita anggap passion kita, namun biasanya hal ini tidak meningkatkan kreatifitas. Memang terkadang artikel yang sesuai passion dapat memberikan kita motivasi atau inspirasi, namun jika kamu ingin kreativitasmu dapat mengalir cobalah untuk mengkonsumsi konten-konten yang biasanya tidak kamu konsumsi. Membaca artikel yang biasanya tidak kamu baca, membaca buku-buku atau blog yang biasanya tidak kamu buka, dan bahkan coba mengobrol dengan orang asing dan gali cara berpikir mereka.

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif – Perbanyak info

2. Tulislah artikel dengan 500 kata tanpa topik apapun

Ini adalah latihan yang sangat menyenangkan untuk kamu coba. Cara yang bisa membuat kamu terfokus dan biasanya memunculkan ide-ide menarik yang bahkan tidak terpikirkan oleh kamu sebelumnya. Coba buka dokumen baru dan mulai menulis. Jangan tentukan judul, jangan ada topik, jangan diedit dan yang paling penting jangan permasalahkan apapun yang kamu tulis. Biarkan jarimu mulai mengetik dan biarkan pikiranmu menentukan kata yang kamu ingin tuliskan selanjutnya. Hal yang patut kamu coba yaitu biasakan untuk mengakhiri kalimat dengan kata-kata yang cukup aneh dan bahkan belum pernah kamu ungkapkan sebelumnya. Buatlah dirimu untuk terus terdorong menuliskan sesuatu di artikel itu.

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif – Menulis kreatif 500 kata

3. Tonton film di bioskop atau teater

Film dalam layar yang besar merupakan tempat yang pas untuk meningkatkan daya tangkap cerita secara penuh. Layar besar yang terang, suara gemuruh sound system, bau ruangan dan bahkan senderan kursi yang tidak nyaman juga segala hal disana.

Jika kamu menikmatinya, bukan tidak mungkin kamu akan keluar dari bioskop dengan dipenuhi ide-ide baru yang gila.

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif – Tonton film di bioskop atau teater

4. Berbicaralah dengan orang yang tidak kamu kenali

Mendengarkan cerita dari seseorang yang baru bagimu bisa membuka pandangan dan memberikan cara berpikir yang benar-benar baru untukmu. Bukan tidak mungkin loh kamu akan belajar banyak hal dari mereka. Mungkin juga kamu diberikan sudut pandang baru dari apa yang pernah kamu bayangkan sebelumnya dan mungkin juga mereka bahkan bisa memberikan setumpuk ide yang benar-benar kamu cari sebelumnya.

5. Makan sesuatu yang berbeda dari yang biasa kamu makan

Ada penelitian yang menunjukan bahwa apa yang kita makan dapat mempengaruhi bahkan mengubah cara kita berpikir. Kamu mau coba cara berpikir berbeda? Coba berikan tubuh kamu asumsi makanan yang berbeda. Kamu mungkin akan kaget dengan seberapa banyak pemikiran kreatif yang dapat kamu pikirkan dan lakukan ketika mencoba ini.

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif

6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif – Makan sesuatu yang berbeda

6. Lakukan latihan “Tak ada Brainstorming yang sia-sia”

Dapatkan setidaknya satu orang untuk melakukan brainstorming sekitar 45-60 menit. Jangan gunakan gadget untuk searching dan jangan pula melakukan kritik apapun. Buat topik ataupun ide yang kamu inginkan ke dalam secarik kertas dan letakan di depan kamu, hal ini agar kamu dapat mengendalikan saat obrolan akan bergeser ketopik lain. Jangan mengkritik argumen tunggal (pemikiran yang berbeda dengan pemikiran kamu). Sangat penting untuk melakukan brainstorming ini untuk memastikan kamu tidak memiliki energi negatif sehingga dapat memperhitungkan semua masukan yang diberikan saat brainstorming. Kamu mungkin mendapatkan puluhan atau bahkan ratusan ide, namun kamu akan mendapatkan satu atau dua yang baik. Sebagai catatan, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika kamu sering melakukannya.

Intinya, kamu tidak harus menjadi seorang kreatif untuk menjadi seorang yang out of the box. Kamu hanya perlu melakukan lebih banyak latihan untuk memancing pemikiran kreatif itu muncul (mungkin saja dari orang lain kan, hehe). Yah setidaknya kebanyakan orang kreatif membutuhkan bantuan untuk mendapatkan inspirasi.

Jadi, sudah siapkah kamu jadi orang kreatif?

Semoga artikel 6 Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif ini bermanfaat, silahkan di share 🙂

Pin It on Pinterest

Share This