5 Tips untuk Mengelola Rasa Minder dan Kebahagiaan Diri – Pernah dengar kutipan terkenal, “Bahagia kita sendiri yang menciptakan, bukan orang lain”? Ya,  kita yang bisa mengendalikan emosi diri sendiri. Sayangnya, tidak semua orang mampu mengatur labilnya emosi. Pengaruh lingkungan dan orang-orang sekitar turut mengubah mood hingga berbalik 180 derajat. Dari yang awalnya bahagia jadi murung.

Rasa Minder  dan Kebahagiaan Diri

Kesuksesan dan berbagi kebahagiaan yang sering diunggah melalui media sosial, tak selamanya memberikan efek positif bagi orang yang melihatnya. Kesempurnaan hidup seseorang, dapat membuat orang lain minder dan kecewa, karena hidup mereka seolah datar. Pikiran tersebut wajar dan bisa dialami siapa saja.

Ketika merasakan hal ini, kita perlu segera mengatasinya dengan mengembalikan rasa percaya diri. Minder tidak hanya memicu berbagai efek buruk bagi kesehatan mental. Jika perasaan ini terus menerus menerpa, depresi bisa melanda. Bahkan membuat diri memandang rendah berbagai usaha yang pernah dicapai.

Jika mengalami hal ini, jangan dibawa galau. Ikuti 5 tips berikut untuk mengelola rasa percaya diri, yaitu:

  1. Berada di Lingkungan yang Memiliki Energi Positif

Tidak selamanya menjadi orang yang pilih-pilih teman, membuat kamu rugi. Dalam hal pertemanan, memilih teman yang dirasa cocok dengan pribadi kita merupakan suatu keharusan. Apalagi jika cara ini dipakai agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu merasa lingkungan pertemanan memberikan efek negatif dan mulai lelah karena harus mengikuti ‘gaya hidup’ mereka, coba kurangi frekuensi aktivitas bersama.  Segera cari lingkungan pertemanan lain yang lebih positif. Tak terkecuali di ranah media sosial.

Kamu pun bisa mengambil rehat sejenak dari media sosial dan menikmati banyak hal lain yang bisa dilakukan sendiri. Misalnya menjalankan hobi, mempelajari tutorial make-up atau keahlian lain yang sejak dulu ingin dipelajari.

  1. Ingat, Hidup Bukan Hanya Materi Semata

Kemewahan selalu terlihat menarik dan bisa memberi kepuasan hidup. Namun, tidak semua hal yang mewah dapat memberi rasa kebahagiaan dalam hidup kita. Ketika berkesempatan untuk berkeliling dunia dan merasakan fasilitas hotel berbintang, maka kondisi fisik harus mendukung.

Kesehatan, wawasan atau cara pandang serta kepribadian inilah yang kadang luput dari perhatian. Nah, dengan memiliki hal yang bersifat non materi ini, kamu bisa melakukan banyak hal dan meraih kebahagiaan hidup, menurut versi kita.

Daripada fokus pada hal materi, yuk mulai kembangkan diri menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Ketika menghargai diri sendiri dan memperkaya kualitas pribadi, bukan tidak mungkin kebahagiaan dan kesuksesan akan turut mengikuti.

  1. Mengubah Pola Pikir

Pikiran negatif seringkali membawa pengaruh buruk dalam hidup karena otak bekerja sesuai dengan apa yang ada di pikiran. Daripada terus beranggapan kehidupan orang lain lebih baik, pikirkan kembali hal-hal apa saja yang sudah dilewati dan sudah seharusnya kamu bangga pada diri sendiri.

Ingat, kamu harus menemukan cara tersendiri untuk menyenangkan diri dan merasa bahagia. Bukan dengan mengikuti arus atau aksi viral yang dilakukan banyak orang. Tapi tidak merasakan manfaatnya bagi diri.

  1. Kebahagiaan Bisa Muncul dari Hal Sederhana

Kamu bisa merasa puas ketika melewati akhir pekan dengan membaca novel yang sudah lama tidak disentuh. Bahagia pun bisa dirasakan ketika bertemu teman lama dan sekadar mengobrol di tempat hang out favoritmu. Benar, bukan?

Bahagia bisa muncul melalui hal sederhana seperti di atas. Ingat bahwa kamulah yang menentukan kebahagiaan diri sendiri. Bukan orang lain.

  1. Pupuk Diri dengan Emosi Baik

Kebahagiaan sulit dicapai begitu saja tanpa diiringi usaha. Percuma terus mengutuk diri sendiri karena kesal dengan sikap orang sekitar, tapi tidak berusaha menyingkirkan perasaan tersebut.

Daripada memasang wajah cemberut yang bikin bad mood, lebih baik tenangkan diri dengan melakukan aktivitas lain yang bisa membuat hati senang. Misalnya dengan membaca buku favorit, menari sambil mendengarkan musik di kamar, menonton film, atau melakukan yoga.

Nah, setelah mencoba 5 tips tadi coba rasakan perubahan emosi dalam dirimu. Mulai merasa lebih bahagia?

Pin It on Pinterest

Share This