10 Esensi Tips Menulis Bagi Pemula – Siapa bilang menulis adalah pekerjaan menguras otak dan hanya cocok bagi mereka yang ahli di bidang bahasa? Menulis bisa menjadi aktivitas menyenangkan dan dilakukan setiap hari dengan gembira. Asal Anda tahu tips dan triknya. Ingin tahu mengenai hal ini? Simak baik-baik sepuluh tips berikut ya.

10 Esensi Tips Menulis Bagi Pemula

Memang, menulis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi tidak sampai membuat otak Anda keram, kok. Apalagi jika menulis artikel untuk blog serta website yang tidak membutuhkan banyak kata. Yuk, cek sepuluh tips berikut ini antara lain:

  1. Menulislah setiap hari.
  2. Pastikan untuk menulis dengan efektif.
  3. Jangan malas mencari referensi dan segeralah menulis; lakukan yang terbaik dan hindari terdengar ‘bodoh’ (menulislah dengan cerdas).
  4. Tetap fokus! Gangguan atau pengalihan adalah musuh dari setiap seni terbaik.
  5. Berhenti merasa cemas mengenai menjadi penulis yang baik/hebat; menulis saja.
  6. Lupakan mengenai populer atau kemasyhuran; menulislah sesuatu hal yang berharga untuk ditulis.
  7. Lupakan kecenderungan untuk menjadi seseorang yang perfeksionis.
  8. Jangan menulis hanya untuk dipublikasikan.
  9. Menulislah dengan penuh keyakinan.
  10. Baca (baca ulang tulisan Anda).

Setelah mengetahui kesepuluh tips di atas, segeralah melakukannya. Jadikan menulis sebagai aktivitas sehari-hari. Baca beragam artikel atau jenis tulisan yang ingin ditulis agar semakin banyak mengenal beragam tulisan dan gaya menulis.

Selain kesepuluh tips tadi, pastikan bahwa Anda sering membaca. Menulis butuh asupan, kata per kata, cara menyusun kalimat, membawa tema yang ada di pikiran menjadi suatu karya tulisan. Tidak mudah, tentu. Seperti pepatah dari daratan Inggris, “Practice Makes Perfect” maka praktik menulis adalah suatu keniscayaan. Sesuatu yang tidak bisa ditunda bila Anda ingin berkembang menjadi seorang penulis.  

Kemudian, pilih media untuk menunjukkan tulisan Anda kepada dunia. Belajar terus dari pengalaman penulis lain. Jika memungkinkan, penulis pemula dapat mencari mentor untuk mengasah kemampuan menulisnya itu. Membaca berbagai macam tips juga bisa membantu. Asalkan tetap disertai dengan praktik menulis.

Sekian artikel 10 Esensi Tips Menulis Bagi Pemula, semoga bermanfaat. Ayo, segera menulis ya!

Baca juga artikel lainnya:

Menulis Itu Susah? Ini Dia 7 Tips Menulis Bagi Penulis Pemula 

 

Pin It on Pinterest

Share This